SOLOPOS.COM - Poster film dokumenter kasus kopi sianida Jessica Wongso. (Instagram @netflix

Solopos.com, SOLO-Kasus pembunuhan dengan kopi sianida yang dilakukan Jessica Kumala Wongso terhadap Wayan Mirna Salihin beberapa tahun lalu diangkat menjadi film dokumentar dan bakal ditayangkan di Netflix. Sebagaimana diketahui kasus tersebut pernah menjadi sorotan.

Hingga sidang terakhir pun, Jessica mengaku tidak membunuh Mirna dan sempat mengajukan beberapa permohonan untuk menolak vonis yang dijatuhkan kepadanya.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Meski sudah dianggap selesai beberapa tahun lalu, kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin atau Mirna menggunakan kopi sianida oleh Jessica Kumala Wongso, kembali mencuri perhatian publik lantaran Netflix menayangkannya dalam bentuk film dokumenter.  Netflix, akan menayangkan dokumenter berjudul Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso.

Diketahui, kasus pembunuhan dengan kopi sianida yang dilakukan Jessica Kumala Wongso terhadap Wayan Mirna Salihin itu dirangkum dalam sebuah film dokumenter yang akan ditayangkan di Netflix pada 2023 ini. “Akan segera tayang, Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso menghadirkan perspektif baru pada salah satu kasus yang menarik banyak perhatian di Indonesia. Film dokumenter ini memaparkan pertanyaan-pertanyaan tak terjawab yang melingkupi persidangan Jessica Wongso, bertahun-tahun setelah kematian sahabatnya, Mirna Salihin,” tulis Netflix Indonesia beberapa waktu lalu dikutip dari pramborsfm.com pada Rabu (30/8/2023).

Sebelum menyaksikan film dokumenter pembunuhan dengan kopi yang dibubuhi sianida ini, sekadar mengingatkan Jessica melakukan pembunuhan atas temannya Wayan Mirna Salihin di Kafe Olivier yang berada di Mall Grand Indonesia, Jakarta pada 6 Januari 2016.  Kasus pembunuhan dengan sianida bermula saat empat orang yang telah berteman sejak menempuh pendidikan di Billy Blue College, Australia, mengadakan reuni di Jakarta.

Saat datang ke kafe, Mirna meminum es kopi vietnam yang dipesankan oleh Jessica. Namun, dia justru kejang-kejang dan  tak sadarkan diri. Mulut korban juga mengeluarkan buih, sebelum dibawa ke klinik di Grand Indonesia.

Pada 16 Januari 2016, enam hari setelah pemakaman, Kepala Puslabfor Polri saat itu, Brigadir Jenderal Alex Mandalikan mengungkapkan, ada zat sianida di dalam kopi Mirna. Racun mematikan tersebut juga ditemukan di lambung Mirna, dengan berat sekitar 3,75 miligram.

Setelah melakukan penyelidikan, pihak kepolisian menetapkan Jessica sebagai tersangka kasus pembunuhan Mirna. Setelah 32 kali sidang, Jessica divonis penjara 20 tahun. Jessica pun langsung mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta setelah mendengar vonis hakim PN Jakarta Pusat, namun ditolak.

Menilik laman Instagram Netflix, film dokumenter yang menceritakan kasus pembunuhan kopi sianida Jessica Wongso terhadap Mirna itu belum diketahui jadwal tayangnya. Netflix telah mempromosikan tayangan tersebut di laman Instagramnya.

“Wuiih, sejauh mata memandang kayaknya bulan September banyak yang seru  Dari semua judul di atas, paling nungguin yang mana nih,” demikian tulis Netflix Indonesia dikutip pada Rabu (30/8/2023).

Pengumuman itu disambut positif warganet.  “Gilee.. Si kopi sianida dibikin dokumenter,” tulis @ryan*** di kolom komentar unggahan Netflix dikutip pada Rabu (30/8/2023).

“Wiih..surprise bgt kasus sianida ada dokumenternya,” tulis @itsme***.

“Kopi Sianida kapan nih?” tanya @afrilia***.

“Akhirnya kasus kopi paling ambigu di rangkum netplik… Layak di nanti,” tulis @arief***.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya