SOLOPOS.COM - Vitri Wulandari (doc)

Semarak kemerdekaan semakin terasa akhir-akhir ini. Nuansa semangat perjuangan kian tergambar dengan balutan Merah Putih di mana-mana. Dengan gagah dan tanpa ragu Sang Merah Putih berkibar di ujung-ujung tiang di seluruh pelosok negeri.

Seperti itulah gambaran suasana  menyambut HUT Ke-67 Republik Indonesia (RI). Masyarakat dari berbagai kalangan pun turut serta dalam merayakan lahirnya Republik Indonesia. Tak ketinggalan pula para remaja yang ingin jua memaknai semangat Merah Putih bagi bangsa Indonesia. Apa arti Merah Putih bagi mereka?

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Nur Rohmah Istnaini, siswi Kelas XI- IS 1 SMAN 3 Solo menilai Merah Putih merupakan warna perwujudan karakter bangsa. Gadis yang akrab disapa Istna ini juga menjadikan semangat Merah Putih sebagai semangatnya untuk bangkit dari kegagalan.

Menurutnya, semangat Merah Putih amatlah berpengaruh dalam perjalanan bangsa Indonesia, sebab Merah Putih merupakan buah dari perjalanan panjang NKRI untuk mencapai kemerdekaan.

“Merah Putih itu penumbuh semangat untuk Indonesia yang lebih baik,” ujar wanita berjilbab ini.

Nur Rohmah Istnaini (doc)

Dia juga memprihatinkan kondisi Indonesia yang saat ini dinilainya kurang memiliki rasa persatuan sehingga kerap terjadi perpecahan di beberapa tempat. Terlebih, generasi muda Indonesia juga masih ada yang enggan melestarikan budaya asli Indonesia.

Menurut cewek kelahiran 21 Maret 1997 ini, untuk mengharumkan nama bangsa bisa dilakukan dengan hal-hal kecil. Misalnya, rajin menjaga lingkungan di sekitar tempat tinggal.

Tak beda jauh dengan Vitri Wulandari siswi Kela X AP2 SMKN 6 Solo. Menurutnya, remaja zaman sekarang cenderung kurang peduli dengan arti Merah Putih. Tertib saat upacara bendera setiap Senin di sekolah pun dirasa belum cukup untuk mendalami makna Merah Putih.

Vitri Wulandari (doc)

Bagi Vitri Merah Putih ibarat sepasang kekasih. Tanpa warna Merah, maka pribadi bangsa ini akan terlalu polos dan tidak berani bertindak, sedangkan tanpa Putih, mencerminkan suatu bangsa yang terlalu berani bertindak tanpa memperhatikan benar atau salah.

Oleh karena itu menurut doi, Merah Putih merupakan satu kesatuan yang nggak bisa dipisahkan. “Jadi Merah Putih menuntun kita untuk berani dalam hal yang benar,” ujarnya.

Semua orang tentu sama-sama punya cita-cita hanya cara meraihnya yang berbeda. Ada yang sungguh-sungguh ada juga yang bermalas-malasan, sehingga hasil yang diraih pun sesuai dengan usahanya masing-masing.

Selain nilai perjuangan, Merah Putih juga menyimpan nilai nasionalisme yang tak kalah penting. So tugas Sobat Gaul sekarang yakni mencintai Tanah Air sepenuh hati sebagaiamana mereka yang gugur di medan perang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya