SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO-Melalui panel-panel gambar yang berisi rangkaian cerita, komik menjadi media pencerita favorit bagi para remaja. Komik cenderung disukai karena gambarnya yang bagus sehingga terasa nyata yang hidup. Jaman sekarang ini, banyak sekali genre yang ditawarkan. Mulai dari komik anak-anak dengan cerita sederhana, sampai komik untuk dewasa yang memiliki bobot cerita kompleks dan berat.

“Aku sangat menyukai komik-komik Jepang.Komik kan gambarnya banyak, jadi kita bisa langsung membayangkan. Soalnya aku kurang suka baca novel. Salah satu komik yang aku sukai itu RAVE,” ujar Abel Nesta. RAVE adalah komik karya Hiro Mashima, yang menceritakan perjalanan seorang pemuda bernama Haru. Haru yang dianugerahi batu suci bernama RAVE, bertekad untuk menyelamatkan dunia dari bahaya overdrive (kehancuran dunia) yang disebabkan oleh batu kegelapan, DARKBRING.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Bagi Abel, RAVE adalah komik petualangan yang sangat mendebarkan, unik, dan sangat seru untuk diikuti.

“Setiap perjalanannya menuju tempat-tempat yang menarik. Tokoh yang ada juga aneh-aneh. Pokoknya luar biasa!” ungkap siswa kelas VII SMP Pangudiluhur Bintang Laut ini.
Abel mengaku paling menyukai sang tokoh utama, Haru.

Abel tak hanya menyukainya hanya karena dia tokoh tama, tetapi karena sifat dan kekuatan Haru. Haru dikisahkan sebagai anak yang awalnya manja dan selalu tergantung pada kakaknya, walaupun Haru sudah memiliki sifat keadilan yang tinggi sejak kecil. Namun seiring dengan perjalanannya mengemban takdir untuk menyelamatkan dunia, Haru tumbuh menjadi pemuda yang kuat, pemberani, setia kawan, dan tidak lagi sedikit-sedikit bergantung kepada kakaknya.

“Aku sangat suka perkembangan Haru yang seperti itu. Dia bertambah kuat di setiap pertarungan! Aku ingin mencontohnya!” ungkap Abel.

Cowok yang memiliki setumpuk koleksi komik ini memiliki banya sekali komik favorit, sehingga dia kesulitan menentukan komik mana yang menduduki peringkat ‘nomor satu’ paling disukai. Abel menambahkan, “Selain RAVE, aku juga menyukai AIRGEAR, THE RULER OF NABARI, dan FULLMETAL ALCHEMIST. Semuanya adalah komik aksi yang keren-keren. Terutama AIRGEAR, gambarnya bagus banget!”

AIRGEAR karya Oh!Great adalah komik yang mengusung tema yang unik, yaitu pertempuran menggunakan sepatu roda (Air treck) yang memiliki mesin khusus untuk menyerang dan terbang di udara. Abel sangat menyukai AIRGEAR karena gambarnya yang sangat mendetail dan bagus.
“Apalagi ceritanya itu unik. Lain dari yang lain. Masa bertempur pakai sepatu roda? Tapi di komik ini, setiap orang memiliki sepatu roda yang berbeda-beda, keren-keren, dan kekuatan yang sangat menakjubkan! Sehabis membaca komik ini, rasanya jadi pingin main sepatu roda. Hehehe…”

Menurut Abel, komik ini juga menarik karena tokoh utamanya yang berbeda dengan tokoh utama komik kebanyakan, “Tokoh utamanya, Itsuki Minami alias Ikki tidak memiliki sifat naif seperti di komik-komik biasa. Ikki cerdas, sombong, seenaknya sendiri, dan sama sekali tidak bisa dibilang orang baik. Dia adalah berandalan yang menyebalkan! Tetapi dia memiliki rasa solider yang tinggi dan kemuan yang keras. Ikki tidak malu untuk menangis ketika kalah. Namun ia berdiri lagi dan terus berjuang!”

Tak hanya komik-komik aksi yang menawarkan jalan cerita yang serius dan berat, Abel ternyata juga menyukai komik komedi dan komik-komik cinta yang ditujukan untuk anak-anak perempuan.
“Komik komedi yang sangat aku sukai itu Garudaboi buatan Mas Galang.

Itu komik buatan Indonesia, lho!” ungkap Abel antusias, mengungkapkan bahwa komik Indonesia juga tak kalah dengan komik-komik buatan Jepang. GARUDABOI menceritakan tentang seorang pemuda biasa bernama Saepul, yang memiliki kekuatan superhero akibat mantra nyasar dari Ms.Teri, seorang nenek sihir yang centil dan awet muda. Kemampuan superhero-nya ini kemudian ketahuan oleh Luna, cewek pindahan di kelas Saepul. Luna pun memaksa Saepul memakai kostum superhero dan menjulukinya “Garudaboi”.

Abel selalu tertawa tergelak-tergelak setiap membaca Garudaboi karena tokohnya yang aneh-aneh. “Superhero dan penjahatnya sama-sama lucu! Setiap pertarungannya konyol banget!” Tak hanya melulu lucu, Garudaboi juga terkadang menyinggung masalah yang lebih kompleks. Misalnya sindiran-sindiran terhadap keadaan Negara Indonesia.

Abel sangat menyukai komik karena komik tak hanya menghibur, tetapi juga mendidik. “Setiap tokoh di komik memiliki satu kesamaan. Yaitu tekad kuat dan pantang menyerah! Secara tidak langsung, komik selalu mengajarkan para pembacanya untuk tidak pernah putus asa, seperti layaknya para tokoh utama di dalam komik.”

Asalkan kita tidak lupa belajar dan melaksanakan kewajiban kita, komik adalah sahabat baik kita para remaja! So, komik apa yang paling sobat gaul sukai?

(Reiya-Wasis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya