SOLOPOS.COM - Ki Manteb Sudarsono (dok)

Ki Manteb Soedharsono (dok)

KLATEN–Dalang kondang, Ki Manteb Soedharsono, angkat bicara terkait pro kontra konser Lady Gaga di Jakarta yang direncanakan Minggu (3/6/2012) mendatang.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Pria yang dijuluki penggemarnya dengan sebutan Dalang Setan itu meminta pemerintah segera mengakhiri polemik yang mengiringi rencana konser Lady Gaga. “Pemerintah harus bersikap tegas dalam memberikan izin atau tidak. Kalau mau ditolak, berikan alasan yang jelas misal tidak sesuai dengan norma-norma dan nilai budaya Indonesia,” ungkap Ki Manteb dalam Sarasehan Budaya di Pendapa Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Klaten, Kamis (24/5/2012).

Ki Manteb tidak tegas dalam menolak ataupun mendukung konser Lady Gaga. Namun begitu, dia tidak sepakat jika pertunjukan musik dinilai dari sudut pandang agama atau politik. “Pertunjukan musik adalah bagian dari budaya. Para tokoh agama atau tokoh politik mestinya tidak ikut campur menanggapinya,” ujar Ki Manteb.

Ki Manteb tampil sebagai pembicara mendampingi akademisi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Timbul Haryono dan dipandu Ketua Dewan Kesenian Klaten, Drs Harsono. Pada kesempatan itu, Ki Manteb, menegaskan bahwa pembangunan karakter bangsa tidak akan terwujud jika konflik horizontal masih terus berlangsung. Dia menengarai ketidaktegasan pemimpin negeri ini menjadi pemicu terjadinya konflik horizontal seperti tawuran pelajar maupun antarkelompok massa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya