SOLOPOS.COM - Penampilan Band Navicula saat konser di gelaran Indie Clothing Carnival di Diamond Solo Convention Center, Minggu (20/4/2014) malam. Dalam konser tersebut Band Navicula membawakan 9 lagu. (JIBI/Solopos/Dok.)

Konser musik ini tentang Navicula yang bakal tampil di Solo.

Solopos.com, SOLO – Kelompok musik grunge asal Bali, Navicula, bakal tampil di Kota Solo pada Sabtu (19/12/2015) mendatang. Mereka akan manggung di Gedung Olah Raga (GOR) Manahan, Solo, selama kurang lebih 60 menit sekitar pukul 16.00 WIB.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Berdiri pada 1996 dan menjadi duta lingkungan Bali, band ini digawangi I Gede Robi Sutianto atau Robi sebagai vokalis sekaligus gitaris dengan Dankie sebagai pemain gitar, Made sebagai bassist, dan Gembull sebagai pemain drum. Mereka baru saja meluncurkan album kedelapan mereka, Tatap Muka.

Penampilan mereka di Solo merupakan bagian dari rangkaian pentas seni (pensi) Smadagaskar 6 yang mengangkat tajuk Save Nature for the Future. Pensi keenam yang diselenggarakan OSIS SMAN 2 Solo ini sengaja mengundang Navicula.

Menurut ketua pelaksana acara, Albert Satria Dewantara, Navicula adalah band yang pas dan berkapasitas lebih untuk menggerakkan aksi kepedulian terhadap kerusakan alam.

“Tema alam sengaja kami angkat untuk menunjukkan pensi SMA enggak sekadar hura-hura. Kenapa Navicula? Karena sudah terbukti band ini enggak hanya asal suara, tapi sangat nyata menginspirasi dan bikin orang bergerak,” tutur dia saat dihubungi, Selasa (16/12/2015).

Pensi yang dihelat sekitar pukul 11.00 WIB – 17.00 WIB tersebut bakal diramaikan dengan sejumlah band, komunitas pecinta alam, serta para pemenang lomba parade dan demo band yang diselenggarakan SMAN 2 Solo sekitar dua pekan lalu. Atraksi pasukan pengibar bendera (paskibra) akan menjadi pembuka pada acara Sabtu tersebut.

Paduan suara SMAN 2 Solo, tari budaya Jepang oleh Yonin (kelompok ekstrakurikuler SMAN 2 Solo), demo taekwondo, tari tradisional Jawa, serta dua pemenang lomba, yakni Binasi Band dan Titik Nol Band secara bergantian akan menambah semarak suasana hingga jelang tengah hari.

Lepas tengah hari, sekitar pukul 13.00 WIB, penampilan akan berlanjut dengan sejumlah band lokal yang cukup popular di Kota Solo, yakni Teori, Starfive, Latar Jembar, Inarifox, dan Soloensis.

Kampanye komunitas Earth Hour serta kolaborasi teater dan kelompok pecinta alam SMAN 2 Solo juga bakal menambah keseruan acara tersebut. Tak hanya itu, dekorasi ramah lingkungan juga akan menghiasi sejumlah titik di sekitaran venue acara.

Seperti dikutip dari official website navicula.com, nama Navicula diambil dari nama sejenis ganggang emas bersel satu, berbentuk seperti kapal kecil. Navicula mengusung rock sebagai warna dasar musik mereka, berpadu dengan beragam warna etnik, folk, psychedelic, punk, alternatif, funk, dan blues. Lirik mereka sarat dengan pesan aktivisme dan semangat damai, cinta dan kebebasan.

Pada 2013 lalu mereka memenangkan kompetisi internasional Rode Rocks, dan dikirim ke Amerika Serikat untuk melakukan rekaman di salah satu studio terbaik di Hollywood, Record Plant. Tak hanya itu, menyuarakan pesan lingkungan hidup dalam musiknya, mereka berulang kali tampil di festival musik mancanegara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya