SOLOPOS.COM - Ninja Hattori. (Antara)

Solopos.com, SOLO-Kreator komik (manga-ka) Jepang Ninja Hattori, Fujiko A. Fujio, meninggal dunia. Sang mangaka ini ditemukan di rumahnya di Kawasaki, Jepang, Kamis (7/4/2022),

Dikutip dari The Japan News, ia mengembuskan napas terakhirnya di usia 88 tahun. Selain Ninja Hattori, Fujiko A. Fujio juga menciptakan Obake no Q-Taro serta co-kreator Doraemon.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Mengutip dari TBS News, kronologi Fujiko A. Fujio meninggal dunia berawal dari panggilan darurat dari rumah Fujio dan menyebut bahwa mangaka Doraemon itu tidak sadarkan diri.  Polisi lantas mendatangi rumah Fujiko dan yang bersangkutan tidak sadarkan diri. Ia lantas dinyatakan meninggal dunia di lokasi. Hingga kini pihak berwajib masih menyelidiki hal ini.

Fujiko A. Fujio yang meninggal di usia 88 tahun ini lahir di Prefektur Toyama dan memiliki nama asli Motoo Abiko. Ia menyukai Osamu Tezuka dan terinspirasi untuk mengikuti jejaknya sebagai seorang manga-ka.

Mengutip Antara pada Kamis (7/4/2022), Abiko lalu membuat sebuah tim bersama teman masa kecilnya, Hiroshi Fujimoto, dan mereka memulai debutnya sebagai seorang manga-ka di tahun 1951.

Baca Juga: Tayang Februari, Ini 5 Fakta Menarik Film Stand By Me Doraemon 2

Setelah bekerja di sebuah perusahaan surat kabar lokal, Abiko kemudian pergi ke Tokyo dan memulai kehidupan barunya di Tokowaso, sebuah rumah apartemen di mana banyak manga-ka muda berkumpul dan tinggal di dalamnya.

Di tahun 1964, Abiko dan Fujimoto memulai serial Obake no Q-Taro di majalah komik Shonen Sunday, dan menggunakan nama pena Fujiko Fujio. Serial komik tersebut meraih kesuksesan besar karena mampu menggabungkan humor dan fantasi.  Duo tersebut lalu memisahkan pekerjaan mereka sebagai Fujiko. Fujimoto berfokus pada komik untuk anak-anak, sementara Abiko mengambil tema yang lebih luas untuk komiknya, mulai dari komik anak-anak hingga komik horor.

Untuk diketahui, Fujiko A. Fujio yang meninggal dunia itu adalah salah satu dari duo manga Fujiko Fujio yang dibentuk bersama Fujiko F. Fujio.  Keduanya kemudian menjadi grup mangaka terkenal sebelum akhirnya berpisah pada 1987. Karya mereka ialah komik legendaris Doraemon, Ninja Hattori, dan P-Man.

Baca Juga:  Nobita Menikah di Stand By Me Doraemon 2

Abiko memulai perjalanan barunya di bawah nama Fujiko A. Fujio. Pada 2005, ia menerima Penghargaan Menteri Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang serta dari Asosiasi Kartunis Jepang.

Sementara Fujiko F. Fujio yang bernama asli Fujimoto Hiroshi telah lebih dulu meninggal dunia pada September 1996.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya