SOLOPOS.COM - Ahmad Dhani dan Once. (Instagram @oncemekelofficial)

Solopos.com, SOLO–Ahmad Dhani secara resmi melarang Once Mekel membawakan lagu-lagu Dewa 19 saat konser, simak kronologi perseteruan mereka berdua. Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

Dilansir dari kanal Youtube Investigasi Artis, perselisihan keduanya mulai mencapai klimaks ketika Dewa 19 sedang mempersiapkan Konser 30 Tahun Dewa 19 di Jakarta Internasional Stadion (JIS) pada 4 Februari 2023.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Kendati mengalami konflik, pentolan Dewa 19 itu menegaskan hubungan mereka baik-baik saja. “Jadi kalo ada yang nanya Mas Dhani, Mas Dhani, ada apa dengan Once? Saya sama Once ndak ada apa-apa, yang wajib bayar bukan Once, tapi EO nya makanya saya harap jangan konfirmasi lagi ke Once. Once tidak mewakili pengarang lagu dan juga Once juga tidak tidak mewakili ahli hukum hak-hak kekayaan intelektual. Jadi saya ulangi sekali lagi biar nggak salah, ini untuk EO nya bukan untuk penyanyinya,” tuturnya dikutip dari kanal Youtube Video Legend pada Jumat (31/3/2023).

Berikut ini kronologi perseteruan antara Ahmad Dhani dengan Once Mekel dikutip dari berbagai sumber pada Jumat (31/3/2023):

1. Debat Soal Daftar Lagu

Jejak digital perselisihan keduanya terekam dalam unggahan video Ahmad Dhani dalam Berita pada 2 Februari 2023. Dalam video tersebut terlihat mereka terlihat beradu argumen terkait pilihan lagu untuk konser ulang tahun Dewa 19.

Once menginginkan semua lagu dapat dilantunkan pada acara tersebut sedangkan Dhani justru berpendapat sebaliknya yaitu dirinya bersikeras untuk mengeluarkan beberapa lagu saja dalam konser tersebut.

Momen lain juga tertangkap dalam tayangan dokumenter Mata Najwa pada 12 Februari 2023 ketika sang presenter, Najwa Shihab tengah mengikuti persiapan konser Dewa 19 di JIS. Dalam wawancaranya dengan Ahmad Dhani, Dhani mengaku jika setlist konser konser masih bisa berubah gara-gara Once.

“Ini songlist nya sudah fix atau masih akan berubah?” tanya Najwa Shihab dikutip dari kanal Youtube Najwa Shihab pada Jumat (31/3/2023).

“Ya 40% masih bisa berubah,” jawab Dhani santai.

“Really? H-1 masih bisa berubah 40%?” tanya Najwa Shihab tak percaya.

“H-1 masih ada penyanyi yang agak rewel yaitu Once Mekel. Dia aku suruh nyanyi I Want to Break Free nggak mau, dia bilang ini konsernya Dewa nyanyi lagunya Dewa dong,” ujar Dhani.

Bahkan Ahmad Dhani menunjukkan chat belum finalnya daftar lagu kepada Najwa Shihab ketika berada di dalam lift, sejam sebelum konser dimulai. Hal ini juga diungkap oleh Ari Lasso yang mengakui bahwa Once menerima kepastian lagu yang akan dibawakan pada detik-detik terakhir.

2. Bayaran Mahal

Kronologi perseteruan Ahmad Dhani dan Once Mekel juga diduga lantaran bayaran pelantun Dealova itu meminta bayaran tinggi. Alhasil dia secara terbuka tidak mengajak Once Mekel untuk konser Dewa 19 di Bandung, Jawa Barat, pada Maret 2023. Dhani mengaku tidak mengajak Once lantaran bayaran mantan vokalis Dewa 19 itu mahal.

Tidak sedikit pula warganet mengkait-kaitkan Once adalah “personel” yang dimaksud dalam video DEWA19 & JIS THE UNTOLD STORY PART 2, tayang 15 Februari 2023. Ahmad Dhani menyebut ada personel yang tampil di JIS dan “meragukan” konser itu laku.

Namun si personel mendadak meminta bayaran tinggi setelah 65 ribu tiket ludes. Dhani sendiri tidak mengungkapkan identitas yang dimaksud. Namun pada video dari kanal YouTube serupa yang tayang 23 Maret 2023, Dhani justru blak-blakan menyebut nama Once.

3. Masalah Royalti

Selain itu muncul kabar bahwa Once Mekel menolak untuk membayar royalti lagu Dewa 19 pada 22 Februari 2023. Hal ini terkait dengan Ahmad Dhani mendapat laporan dari Wahana Musik Indonesia (WAMI) terkait banyaknya event organizer (EO) yang tidak melapor setiap kali mengundang Once Mekel padahal kala itu Once membawakan lagu Dewa 19.

Namun Once menjelaskan persoalan ini tengah dibahas bersama Ahmad Dhani. Pembahasan itu disebut bertujuan untuk menemukan titik tengah agar lagu Dewa 19 bisa dibawakan Once. Once juga menyinggung peran Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) selaku badan yang seharusnya mengatur sistem royalti atau sistem bagi hasil. Tetapi, Ahmad Dhani menilai saat itu bahwa persoalan royalti lagu Dewa 19 bukanlah urusan Once.

4. Ahmad Dhani Resmi Melarang Once Membawakan Lagu Dewa 19

Puncak kronologi perseteruan Ahmad Dhani dan Once Mekel pada Selasa (29/3/2023) Ahmad Dhani melarang Once untuk menyanyikan lagu dewa 19. Pelarangan ini terkait dengan hak cipta lagu. Dhani juga menambahkan bahwa performa grup band akan terganggu apabila ada pihak lain yang menggelar konser dengan membawakan lagu Dewa 19.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya