SOLOPOS.COM - Ahmad Dhani. (Instagram @ahmaddhaniofficial)

Solopos.com, SOLO-Konflik justru semakin panas lantaran Ahmad Dhani justru melayangkan somasi terbuka terhadap Once Mekel. Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

Pengacara Ahmad Dhani, Aldwin Rahadian menerangkan, somasi terbuka ini terpaksa dilayangkan. Hal itu karena Once Mekel bersikukuh merasa tidak bersalah menyanyikan lagu Dewa 19. Dalam eksempatan itu, pentolan Dewa 19 tersebut tidak hadir.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

“Ada dasar hukumnya untuk melarang [Once] menyanyikan lagu ciptaan [Ahmad Dhani]. Tapi kalau tetap dilakukan, silakan,” kata Aldwin Rahadian dalam konferensi pers seperti dikutip dari kanal Youtube CumiCumi pada Jumat (31/3/2023).

“Ini tentu akan berkonsekuensi hukum dan bagian dari somasi terbuka,” imbuh pengacara Ahmad Dhani menjelaskan.

Sayangnya, saat memberikan somasi terbuka terhadap Once Mekel, Ahmad Dhani sebagai pihak yang berseteru tidak bisa hadir. Pengacaranya mengatakan, ada hal mendadak yang dilakukan pentolan Dewa 19 ini.  “Tadinya akan hadir, tapi mendadak buka puasa bersama Pak Prabowo,” ucap Aldwin.

Meski Ahmad Dhani absen, tidak mengurangi kesiapan hukum melawan Once Mekel. Sebab pengacaranya sudah mengantongi pasal yang bisa menjerat mantan vokalis Dewa 19 ini.  “Jika dilakukan tanpa izin dari klien kami selaku pemegang hak cipta, maka itu adalah tindak pidana sesuai pasal 113 UU Hak Cipta,” kata pengacara Ahmad Dhani.

Merujuk pada Pasal 113, maka Once Mekel terancam tiga tahun penjara dan atau denda Rp 500 juta. Sebelumnya ditemui di tempat yang berbeda, Once Mekel mengatakan tidak merasa bersalah menyanyikan lagu Dewa 19 yang diciptakan Ahmad Dhani.

Sebab jika bicara soal royalti yang digaungkan Ahmad Dhani, menurut Once, itu adalah tanggung jawab penyelenggara acara atau EO. Nantinya, EO tersebut akan membayar sejumlah uang sesuai ketentuan yang berlaku kepada si pencipta lagu.

“Saya kalau manggung itu membuat kontrak dimana EO itu akan memiliki kewajiban untuk membayar royalti pada Lembaga Manajemen Kolektif Nasional, sehingga saya lepas dari tanggung jawab itu sebagai pengguna. Itu udah berlaku bertahun-tahun,” tuturnya dikutip dari kanal Youtube CumiCumi pada Jumat (31/3/2023).

Once mengatakan bahwa pentolan Dewa 19 tersebut seharusnya membuat langkah yang lebih komunikatif sebelum mengumumkan pelarangan nyanyi lagu Dewa 19. “Dia harus membuat langkah-langkah yang komunikatif, elegan, substantif melalui jalur-jalur konstruktif apabila ada ketidakpuasan. Bukan membuat pernyataan-pernyataan yang menyetir opini publik seolah-olah Once bersalah,” beber mantan vokalis Dewa 19 ini.

Langkah yang dilakukan Ahmad Dhani somasi Once Mekel itu pun disesalkan banyak warganet. Mereka berharap sebetulnya tercapai kata damai di antara para musikus tersebut.

“Yaelahhh baikan aja napaa, suka once kalo nyanyi lagu, suka dewa kalo yang nyanyi once,” tulis akun Nur Anisa Amalia di kanal Youtube CumiCumi.

“Ya elah…once jg td sdh bilang ngapain dia bawain lagu2 dewa, paling dia nyanyikan 1 lagu cemburu karena lagu itu dia ikut jg sebagai penciptanya. Once jg punya lagu sendiri, dan bisa nyanyiin lagu2 lain yg slama ini yg dia bawain macam dealova milik opick, merpati putih milik s jarot dll, yg selama ini mewah dibawain once,” tulis akun Pambres Dolog Saribu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya