SOLOPOS.COM - Sruti Respati (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Gedung PN Lokananta di Jl A Yani, Kerten, Solo. Perusahaan ini pernah menjadi perusahaan produksi rekaman terbesar di Indonesia dan menyimpan banyak rekaman musik legendaris dan dokumentasi bersejarah lainnya, dan kini kondisinya sangat memrihatinkan. (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Aksi dukungan untuk Lokananta, lembaga produksi audio bersejarah yang beralamat di Jalan Jenderal A Yani No 39 Solo yang kondisinya kini memrihatinkan terus mengalir. Sebanyak 15 artis ibukota mengadakan konser dukungan untuk Lokananta, Minggu (2/12/2012) malam, di studio Stasiun TV Indosiar Jakarta.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Didapuk sebagai perwakilan dari Solo, pesinden Sruti Respati, bakal membawakan Walang Kekek. Lagu yang dipopulerkan oleh maestro keroncong, Waldjinah, itu akan Sruti nyanyikan dengan gaya khas keroncong. “Saya akan membawakan lagu itu dengan khas saya dan irama keroncong,” ucapnya kepada Solopos.com, Minggu (2/12/2012) sore.

Menyanyikan satu lagu, Sruti, mengaku sebagai orang Solo merasa wajib ikut melestarikan Lokananta dan memberi dukungan penuh untuk pengembangan studio musik itu. “Kalau saya lebih senang disebut turut handarbeni ,dadine rumangsa nduweni, ” tambah Sruti.

Menurut sepengetahuan perempuan yang juga sebagai pengajar di SMAN 4 Solo ini, konser dukung Lokananta itu terlaksana atas kerja sama Indosiar dengan Rumah Musik Indonesia (RMI). Artis lain yang bakal memeriahkan acara itu sebanyak 14 orang. Namun ia mengaku belum tahu pasti siapa saja nama-nama penampil. “Yang pasti Glen Fredly itu ikut yang lainnya saya belum tahu siapa,” ceritanya.

Sruti Respati (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Sruti menambahkan acara-acara semacam itu merupakan bentuk perhatian yang luar biasa. Sebagai bangunan cagar budaya, ia menilai memang sudah saatnya ada suatu pergerakan penyelamatan. Ditambahkannya, acara yang ditayangkan langsung Minggu malam, mulai pukul 21.30 WIB itu menurutnya sebagai bentuk legitimasi keberadaan Lokananta. Keberadaan Lokananta sebagai studio rekaman pertama dan bersejarah menurutnya perlu diketahui banyak orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya