SOLOPOS.COM - Najwa Shihab, tuan rumah Mata Najwa (Youtube.com)

Mata Najwa Metro TV menayangkan pengakuan blak-blakan pilot LCC.

Solopos.com, SOLO – Tayangan Mata Najwa yang disiarkan Metro TV membahas kebijakan tarif maskapai bertiket murah, Rabu (14/1/2015) malam ini. Seorang mantan pilot blak-blakan mengungkapkan kerasnya iklim kerja di low cost carier (LCC) alias maskapai bertarif murah dalam Mata Najwa Metro TV.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Salah satu perwakilan dari tim otoritas Air Trafic Controller (ATC) Indonesia, Amin, yang hadir dalam Mata Najwa Metro TV mengungkapkan ATC merasa dikambing atas kecelakaan yang menimpa penerbangan bertiket murah Airasia QZ8501, Desember 2014 lalu. Amin mengungkapkan bahwa Menhub harus jeli menangkap siapa yang bersalah.

Menanggapi pernyataan itu, Jonan dalam Mata Najwa Metro TV, mengaku sudah meminta KNKT untuk menyelidiki kasus yang melibatkan penerbangan bertiket murah tersebut. Nantinya seluruh pihak yang memberikan izin penerbangan kepada Airasia QZ8501 harus bertanggung jawab.

“Pemberian izin terbang itu ada empat pihak, yaitu otoritas bandara, navigasi udara, maskapai, manajemen bandara. Izin terbang bodong pasti hasil kerja sama mereka,” jelas Jonan.

Tanpa Layanan Standar
Salah seorang mantan pilot yang dirahasiakan jati dirinya mengungkapkan beratnya bekarja di maskapai bertarif murah. Ia mengaku tak mendapat fasilitas standar lazimnya yang diterima seorang kru pesawat terbang.

“Saya berangkat dari rumah ongkos sendiri, pulang juga sendiri. Tidak ada fasilitas untuk menjamin keselamatan kami. Bahkan ada kru kami yang kecelakaan saat pulang karena lelah setelah penerbangan,” tutur mantan pilot itu.

Lebih lanjut, ia menuturkan pilot maskapai bertarif murah tidak mendapat pelayanan standar sebelum penerbangan dilakukan.

“Kami harus menyiapkan beberapa menit untuk mengurus segala sesuatu sebelum pesawat tinggal landas. Padahal seharusnya itu disiapkan oleh otoritas bandara,” jelasnya dalam pembahasan penerbangan bertiket murah dalam Mata Najwa Metro TV itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya