SOLOPOS.COM - Karolina Shiino. (Instagram @karolina0824)

Solopos.com, SOLO-Miss Jepang 2024 Karolina Shiino diketahui telah mengundurkan diri dan melepaskan gelarnya setelah skandal percintaannya dengan pria beristri terkuak. Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

Wanita berdarah  Ukraina ini dari awal jadi sorotan. Meski fasih berbahasa Jepang dan  besar di Jepang, kemenangannya di kontes kecantikan itu menimbulkan kontroversi yang tidak biasa – karena ia lahir di Ukraina dan berpenampilan bule.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Kritikus mengatakan dia tidak mewakili cita-cita kecantikan tradisional Jepang, bahkan ketika para pendukungnya menyebut kemenangannya sebagai simbol perubahan yang kuat di negara di mana orang-orang multikultural dan birasial menghadapi diskriminasi. Shiino, orang keturunan Eropa pertama yang meraih mahkota tersebut, mengatakan kemenangannya membuatnya merasa diterima sebagai orang Jepang untuk kali pertama.

Namun kemenangan Karolina Shiino sebagai Miss Jepang 2024 menarik lebih banyak perhatian sehingga akhirnya membuatnya lepas gelar tersebut. Sebuah tabloid lokal mengungkapkan bahwa dia berselingkuh dengan pria yang sudah menikah, yang menyebabkan sorotan media yang intens dan menyebabkan Shiino menyerahkan mahkotanya — hanya sepekan setelah kemenangannya.

Insiden ini menyoroti dua isu yang menimbulkan diskusi panas di Jepang – apa artinya menjadi orang Jepang di negara di mana kaum konservatif secara historis menentang imigrasi dan menekankan homogenitas etnis – dan harapan bahwa tokoh masyarakat, khususnya perempuan, mematuhi apa yang masyarakat menganggap standar moral yang tinggi.

Dikutip dari Washington Post pada Kamis (8/2/2024), skandal ini terkuak pekan lalu, ketika tabloid Jepang Shukan Bunshun menerbitkan sebuah cerita yang mengklaim bahwa Shiino menjalin hubungan dengan seorang dokter Jepang yang sudah menikah.

Dalam sebuah pernyataan yang telah dihapus dari situsnya, penyelenggara kontes mengatakan Shiino tidak bersalah karena pria tersebut mengatakan kepadanya bahwa dia masih lajang.

Namun pada hari Senin (5/2/2024), agensi model Free Wave, yang mewakili Shiino mengatakan informasi baru telah terungkap: Dikatakan bahwa Shiino menyadari selama hubungan tersebut bahwa pria tersebut telah menikah dan terus berkencan dengannya. Agensi mengatakan Shiino awalnya berbohong karena dia takut, namun memutuskan untuk mengatakan yang sebenarnya agar tidak menimbulkan lebih banyak masalah.

Shiino mengonfirmasi hal ini dalam pernyataannya di Instagram. “Ada beberapa perbedaan antara fakta dan apa yang telah saya jelaskan kepada agensi saya. Saya tidak dapat mengatakan kebenaran karena kebingungan dan ketakutan,” demikian tulisnya.

Shiino mengatakan bahwa dia lepas gelarnya sebagai Miss Jepang 2024 dan telah meminta agar agensinya mengakhiri kontraknya.

Asosiasi Miss Jepang mengatakan mereka menerima pengunduran dirinya “karena alasan pribadi,” dan menambahkan bahwa posisi Miss Jepang akan tetap kosong hingga kontes berikutnya.

Miss Jepang adalah salah satu dari beberapa kontes kecantikan di Jepang. Kontes pertama diadakan pada tahun 1952. Kontes ini mengklaim sebagai “pencarian kecantikan Jepang sejati,” dan menyatakan di situsnya bahwa “kecantikan tidak ditentukan hanya oleh penampilan seseorang, tetapi juga oleh sikap dan usaha seseorang.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya