SOLOPOS.COM - MTV Video Music Awards (extratv.com)

MTV VMA 2015 mendapatkan rating terburuk sepanjang sejarah.

Solopos.com, LOS ANGELES – Ajang Penghargaan MTV Video Music Awards (VMA) 2015 lalu yang dihelat di Microsoft Theater, Los Angeles, Kalifornia menuai berbagai kontroversi. Ajang yang digelar Minggu (30/8/2015) waktu setempat atau Senin (31/8/2015) pagi waktu Indonesia tersebut menghadirkan aktris, Miley Cyrus sebagai pembawa acara. Sayangnya, banyaknya aksi penuh sensasi rupanya tak membuat acara tersebut menyedot perhatian pemirsa televisi.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Berdasarkan Perusahaan Penelitian Media, Nielsen, MTV VMA 2015 mendapatkan rekor terburuk sepanjang sejarah. Penonton siaran tersebut hanya sekitar 5,03 juta (lewat channel MTV), menurun sebanyak 39 persen dibanding tahun lalu. Secara akumulatif, tayangan tersebut meraih 9,8 juta penonton dengan memperhitungkan sembilan stasiun televisi lainnya.

Nielsen yang mulai aktif sejak 1994 tersebut mencatat jebloknya rating MTV VMA 2015 mematahkan rekor sebelumnya yakni gelaran MTV VMA 1996. Saat itu jumlah pemirsa hanya berada di kisaran 5,07 juta. Kendati demikian, ajang penghargaan ini berhasil mematahkan rekor US Twitter sebagai acara non-olahraga yang paling banyak dicuit. Sedikitnya tercatat 21,4 juta cuitan ditulis oleh 2,2 juta pengguna situs microblogging itu.

Ajang penghargaan ini juga disiarkan secara streaming lewat aplikasi MTV yang tersedia untuk perangkat Ios, Android, dan Chromecast. Melalui aplikasi itu, pengguna yang telah terautentifikasi dapat menyaksikan seluruh perhelatan di panggung, maupun di belakang panggung. Mereka dapat mengintip persiapan para pengisi acara saat berdandan di meja rias dan kejadian seru lainnya.

Selain meraih rekor terburuk sepanjang sejarah, The Parents Television Council (PTC) menilai ajang penghargaan ini justru memberikan efek buruk bagi anak-anak yang menontonnya. Melalui sebuah statement, Tim Winter selaku presiden dari The Parents Television Council mengkritik habis-habisan busana Miley yang terlalu terbuka saat membawakan acara itu.

Seperti prediksi sebelumnya, Taylor Swift yang meraih nominasi terbanyak yakni 10, berhasil membawa pulang 4 di antaranya. Deretan nominasi diumumkan sejak 21 Juli lalu via Apple Music’s Beats sedangkan nomine kategori sosial media, Song of Summer, diumumkan pada 18 Agutus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya