SOLOPOS.COM - Aktor Jackie Chan dan putranya Jaycee Chan. (sachtimes.com)

Narkoba artis kali ini menjerat anak lelaki aktor laga Jackie Chan, Jaycee Chan. Jaycee divonis enam bulan penjara atas kasus narkoba.

Solopos.com, BEIJING – Anak lelaki bintang film kungfu Jackie Chan, Jaycee Chan, akhirnya dijatuhi hukuman enam bulan penjara di Tiongkok atas kasus narkoba.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Jaycee Chan, 32, yang juga seorang aktor dan penyanyi, pada Desember 2014 lalu  didakwa melindungi orang lain yang mengonsumsi narkoba setelah hasil tes menunjukkan dirinya positif menggunakan ganja. Polisi juga menemukan 100 gram narkoba jenis itu di rumahnya.

Jaycee diancam hukuman penjara maksimum tiga tahun.

Hakim di pengadilan distrik timur Beijing di mana Chan disidang, Jumat (9/1/205), menghukum Jaycee dengan enam bulan penjara dan denda 2.000 yuan, seperti dikutip dalam sebuah mikroblog pengadilan itu.

Pengacara Jaycee Chan, Si Weijiang, menyatakan kliennya akan segera dibebaskan dalam sebulan ke depan karena pihak berwajib juga memperhitungkan masa penahanan yang sudah dijalani sejak Agustus tahun lalu.

Jaksa penuntut pada Jumat mengatakan Jaycee Chan membiarkan rumahnya digunakan oleh dua tersangka yaitu Ke dan Li untuk mengisap ganja.

Pengadilan mengatakan Jaycee dengan sukarela menyatakan bersalah atas tuduhan jaksa.

“Saya telah melanggar hukum dan harus dihukum,” kata Chan dalam pernyataannya kepada sidang, seperti dikutip mikroblog tersebut.

“Setelah kembali ke masyarakat, saya tidak akan mengulanginya lagi karena saya tidak ingin mengecewakan keluarga dan sahabat-sahabat saya lagi,” tambah dia.

Para pesohor menjadi ganjalan utama dalam gerakan Pemerintah Tiongkok untuk mengatasi narkoba. Jaycee Chan merupakan satu di antara deretan pesohor yang ditahan pada 2014 oleh pihak berwajib Tiongkok dengan dakwaan terkait narkoba.

Mikroblog pengadilan menunjukkan Chan mengenakan baju hangat hitam dan celana biru saat disidang.

Narkoba, terutama yang berbahan sintetis seperti metamphetamin, ketamin, ekstasi, semakin populer di Tiongkok bersamaan dengan munculnya kelas urban baru dengan pendapatan lebih besar.

Pada Desember 2014, media pemerintah melaporkan Jackie Chan mengaku sangat malu akibat kasus penyalahgunaan narkoba oleh anaknya dan berharap satu hari ia akan berbicara mengenai bahaya konsumsi narkoba.

Jackie Chan merupakan juru bicara bagi Komite Antinarkoba Nasional Tiongkok pada 2009, yang mempromosikan pendidikan antinarkoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya