SOLOPOS.COM - The Shining (imdb.com)

The Shining (imdb.com)

SOLO–Menonton film horor enggak hanya memacu adrenalin, tapi juga bisa ngurangin berat badan lho. Melihat film scary dapat membakar kalori yang jumlahnya sama dengan berjalan selama setengah jam.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Seperti dilansir dailymail.co.uk, para ilmuwan University of Westminster, Inggris, mengklaim nonton film menakutkan dapat membantu membakar kalori. Misalnya, The Shining, film horor terbaik ini mampu membikin denyut jantung penontonnya melonjak.

Dengan cukup duduk di sofa sambil melihat film horor bisa membakar kalori sebanyak orang berjalan selama 30 menit. Semakin seram film yang dilihat, semakin banyak pula kalori yang terbakar.

Para peneliti ini melakukan riset terhadap 10 film horor. Ke-10 film yang terbukti mampu membakar kalori paling banyak terdiri atas The Shining, Jaws, The Exorcist, Alien, Saw, A Nightmare on Elm Street, Paranormal Activity, The Blair Witch Project, The Texas Chain Saw Masscare, dan [Rec].

Kalori yang mampu dibakar dengan melihat film-film tersebut berkisar 101-184 kalori. Hasil penelitian para ilmuwan tersebut menunjukkan film The Shining yang dibintangi Jack Nicholson mampu membakar kalori paling banyak, rata-rata 184 kalori hampir sama dengan jumlah kalori yang dibakar selama berjalan 30 menit. Penelitian itu dilakukan dengan menguji 10 orang yang menyaksikan film horror klasik pilihan.

Sampel penonton ini dipantau intensif. Detak jantung, asupan oksigen dan karbon dioksida yang dikeluarkan pun menjadi ukuran berapa energi yang mereka gunakan. Apalagi saat mereka berteriak-teriak ketakutan di tengah penayangan Paranormal Activity.

Bahkan, anak-anak pun sampai lari meninggalkan bioskop ketika ngeliat film itu. Para ilmuwan nemuin data bahwa peserta ngegunain kalori rata-rata sepertiga lebih untuk nonton film horror. Mereka rata-rata membakar 113 kalori selama 90 menit.

Film Jaws klasik (1975) menjadi film thriller terbaik kedua untuk penghilang kalori. Film yang dibintangi Steven Spielberg ini mampu membakar 161 kalori para penontonnya. Film horor The Exorcist (1974) berada di urutan ketiga dalam daftar film pembakar kalori. Film dengan aktor utama Max von Sydow juga bisa membakar kalori penonton sampai 158 kalori. Berbeda dengan film horor Spanyol, [Rec]. Film yang dibikin 2007 lalu terhitung buruk karena hanya bisa membakar 101 kalori.
“Ini [melihat film horor] adalah cara cepat mamacu adrenalin. Selama stres singkat yang intensif itu berdampak pada penurunan nafsu makan, meningkatkan tingkat basal metabolisme dan akhirnya membakar kalori pada tingkat yang lebih tinggi,” ujar Dr Richard Mackenzie, spesialis metabolisme di University of Westminster, seperti dilansir dailymail.co.uk, akhir Oktober lalu.
Pemilik perusahaan rental film Lovefilm, Helen Cowley, bekerja sama dengan universitas melakukan studi tentang film horor. ”Kita semua tahu perasaan ingin bersembunyi di balik sofa atau ambil bantal ketika menonton adegan menakutkan. Penelitian ini menunjukkan bahwa mungkin mereka yang berusaha untuk membakar kalori harus menjaga mata mereka di layar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya