SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Oscar 2016 mencantumkan film Indonesia, Senyap, dalam salah satu nominasi.

Solopos.com, SOLO — Film Senyap yang diproduksi di Indonesia masuk dalam nominasi Piala Oscar 2016. Dalam nomniasi yang tertulis, film Senyap ditulis dengan judul The Look of Silence.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Senyap masuk dalam nominasi Piala Oscar 2016 kategori film dokumenter panjang di ajang Academy Awards ke-88. Film Senyap menyorot pembantaian massal 1965 atau G30S (Gerakan 30 September) yang diklaim menjadi tanggung jawab anggota PKI (Partai Komunis Indonesia), salah satu partai terlarang di Tanah Air.

Sebagaimana dilansir Liputan6.com, Jumat (15/1/2015), film Senyap diarahkan oleh sineas Joshua Oppenheimer dan seorang co-sutradara anonim asal Indonesia. Keduanya juga menyutradarai film pertama, Jagal atau The Act of Killing, yang rilis tahun 2013 dan masuk nominasi Academy Awards ke-86 (Oscar 2014).

Berbicara mengenai nominasi penghargaan tersebut, Joshua Oppenheimer pun memberikan pernyataannya. “Saya pikir dua filmnya melengkapi satu sama lain dan membentuk keutuhan yang lebih besar,” kata Oppenheimer saat ditelepon pihak Los Angeles Times dari New York pada Kamis (14/1/2016) pagi.

“Kami berharap sangat banyak kalau nominasi ini membantu mewujudkan impian kebenaran, perdamaian, dan pemulihan kenyataan bagi Indonesia,” kata Oppenheimer.

Detik.com, Kamis, mengabarkan ada beberapa beberapa film lain yang menjadi lawan Senyap adalah Cartel Land, What Happened, Miss Simone?  dan Winter of Fire: Ukraine’s Fight For Freedom.

Tak ketinggalan film dokumenter tentang kehidupan Amy Winehouse berjudul Amy juga masuk dalam daftarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya