SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Oscar 2016 menempatkan Senyap sebagai salah satu nominasi.

Solopos.com, LOS ANGELES – Sineas film documenter, Joshua Oppenheimer, kembali menempatkan film dokumenter tentang Partai Komunis Indonesia (PKI) di jajaran nominasi Oscar. Kali ini, The Look of Silence masuk kategori Film Dokumenter Panjang di ajang Academy Awards 2016.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Ini bukan film pertama Joshua yang masuk nominasi Oscar. Sebelumnya, pada Oscar 2014, Joshua menempatkan Jagal: The Act of Killing bersaing dengan 15 finalis lain.

Senyap adalah film dokumenter kedua karya sutradara berkebangsaan Amerika Serikat, Joshua Oppenheimer dengan tema sentral pembantaian massal setelah tragedi 1965. Sebelumnya Joshua meracik film Jagal.

Dalam sinopsisnya di laman filmsenyap.com, Senyap digambarkan sebagai kejadian yang dilakukan oleh para pelaku genosida di Indonesia.

Joshua disebut memfilmkan para pelaku genosida di Indonesia, satu keluarga penyintas mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana anak mereka dibunuh dan siapa yang membunuhnya.

Adik bungsu korban bertekad untuk memecah belenggu kesenyapan dan ketakutan yang menyelimuti kehidupan para korban, dan kemudian mendatangi mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan kakaknya, sesuatu yang tak terbayangkan di negeri dengan para pembunuh yang masih berkuasa.

Dilansir laman KontraS, 5 Januari 2015, pada 29 Desember 2014 Lembaga Sensor Film (LSF) mengeluarkan surat yang menolak film Senyap seutuhnya, melarang pemutaran film Senyap untuk umum dan di bioskop. Walaupun demikian, LSF menyatakan bahwa film Senyap dapat ditonton untuk kalangan terbatas.

Pengambilan gambar dilakukan di Sumatera Utara bersamaan dengan pembuatan Jagal. Sebagian besar gambar diambil antara 2010 sampai 2012.

Pemutaran perdana internasional diselenggarakan di Venice International Film Festival pada bulan Agustus 2014, sekaligus berkompetisi memperebutkan Golden Lion.

Dilansir CNN, 10 November 2014, Pemutaran perdana dan peluncuran film Senyap di Indonesia diselenggarakan oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia dan Dewan Kesenian Jakarta pada 10 November 2014 di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Dikutip dari Detik, 3 Desember 2014, mulai 10 Desember 2014 film Senyap diputar serentak di berbagai kota di Indonesia dalam rangka memperingati hari HAM sedunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya