SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Oscar 2016 menempatkan Senyap sebagai salah satu nominasi.

Solopos.com, LOS ANGELES – Sineas film documenter, Joshua Oppenheimer, kembali menempatkan film dokumenter tentang Partai Komunis Indonesia (PKI) di jajaran nominasi Oscar. Kali ini, The Look of Silence masuk kategori Film Dokumenter Panjang di ajang Academy Awards 2016.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Ini bukan film pertama Joshua yang masuk nominasi Oscar. Sebelumnya, pada Oscar 2014, Joshua menempatkan Jagal: The Act of Killing bersaing dengan 15 finalis lain.

Sayangnya, The Act of Killing (Jagal) gagal meraih Piala Oscar. Film yang menggambarkan rekonstruksi pembantaian orang-orang yang dituding sebagai anggota PKI di Medan, Sumatra Utara, pada 1965-1966, ini kalah dari film besutan sutradara Morgan Neville, 20 Feet from Stardom.

“Saya pikir dua filmnya melengkapi satu sama lain dan membentuk keutuhan yang lebih besar,” kata Joshua saat ditelepon pihak Los Angeles Times dari New York, Kamis (14/1), seperti dikutip liputan6.com.

Dia menyampaikan harapan film ini membuka fakta sebenarnya. “Kami berharap sangat banyak kalau nominasi ini membantu mewujudkan impian kebenaran, perdamaian, dan pemulihan kenyataan bagi Indonesia,” imbuh dia.

Senyap dirilis Desember 2014. Film ini mengisahkan perjalanan Adi Rukun, laki-laki yang sedang mencari pembunuh kakak kandungnya, yang menjadi korban pembantaian massal tahun 1965 yang diklaim terkait Gerakan 30 September (G30S) di Sumatra Utara. Film ini tidak tayang di Indonesia.

The Look of Silence bersaing  dengan Amy, Cartel Land, What Happened, Miss Simone?, dan Winter on Fire: Ukraine’s Fight for Freedom untuk meraih Piala Oscar 2016. Academy Awards 2016 rencananya digelar di Los Angeles, 28 Februari.

Sementara itu, penyelenggara ajang penghargaan ini merilis nominasi Oscar 2016. Beberapa nama populer masuk nominasi. Sebut saja Leonardo Dicaprio, Sylvester Stallone, dan Jennifer Lawrence.

Di antara semua kategori, ada beberapa kesamaan nama artis yang dijagokan karena berhasil membawa pulang piala Golden Globe Awards ke-73 yang baru saja berlangsung.

Salah satunya, Leonardo Dicaprio yang sukses berkat film yang diangkat dari kisah nyata, The Revenant, seperti diwartakan The Washington Post, Kamis. Selama ini, Leonardo Dicaprio belum pernah membawa pulang Oscar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya