SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Andi Soraya menjelaskan kontroversi pemakaman Yana Zein.

Solopos.com, SOLO – Sampai saat ini, kematian pesinetron Yana Zein masih menjadi perbincangan publik. Yana meninggal akibat mengidap kanker payudara yang dideritanya, Kamis (1/6/2017). Sayangnya, pihak keluarga sempat bersitegang saat akan memakamkan jenazahnya.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Pada awalnya, pihak keluarga berencana menguburkan jenazah Yana dengan cara agama Kristen. Namun, tiba-tiba kedatangan ayah Yana, Nurzaman Zein, mengubah segalanya. Ia bersikukuh menguburkan anaknya dengan cara Islam.

Nurzaman mengatakan putrinya menganut agama Isalam. Namun, di KTP Yana yang ditunjukkan ibunya tertulis bergama Kristen. Setelah melalui perundingan panjang, akhirnya jenazah Yana dimakamkan secara Islam, sesuai kemauan sang ayah.

Meski telah dimakamkan, perdebatan tentang agama yang dianut Yana terus membuat warganet penasaran. Terkait hal itu, sahabat dekatnya, Andi Soraya, angkat bicara. Ia mengucapkan terima kasih kepada Nurzaman yang telah menyelamatkan Yana. Sebab, menurut sepengathuannya, Yana adalah seorang muslim.

“Terima kasih om NurzamanZein, ayahanda Yana Zein, yang sudah menyelamatkan Yana. Karena memang terakhir yang kami tahu tidak lama sebelum Yana berpulang, Yana masih mengucapkan dua kalimat syahadat. Sehingga kami jiga bingung kl Yana berada di rumah duka,” tulis Andi melalui akun Instagram pribadinya, @andisorayabeatrix, Jumat (2/6/2017).

“Sekali lagi kami bersyukur om masih memagang terguh pertanggungjawaban dunia akhirat kepada Allah atas anak om, sahabatku, Yana Zein. Maaf, semoga ini tidak menyinggung pihak lain maupun agama apapun. Semoga ini dapat menjawab pertanyaan dan kebingungan teman2 netizen,” tutup Andi.

Penjelasan Andi Soraya soal pemakaman Yana Zein yang sempat tuai kontroversi (Instagram @andisorayabeatrix)

Berbagai pujian mengalir deras kepada ayah Yana. Warganet mengaku sangat bangga melihat tanggung jawab Nurzaman kepada putrinya di saat terakhir.

“Alhamdulillah ini bapak yang luar biasa bertanggung jawab. Semoga tenang mbak Yana Zein. Meninggal di bulan yang sangat baik. Semoga khusnul khotimah. Sungguh terharu,” komentar @rackhachandra.

“Alhamdulillah gak sia-sia ayah datang jauh-jauh memenuhi kewajibannya untuk yang terakhir kalinya,” sambung @zein_yani.

“Alhamdulillah karena anak adalah tanggung jawab ayahnya kelak di akhirat. Ayah yang akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang dilakukan anaknya. Salut sama om Nurzaman,” imbuyh @bebyfanie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya