SOLOPOS.COM - Salamander raksasa (Daily Mail)

Penemuan baru berupa hewan langka raksasa berusia 200 tahun ditemukan di Tiongkok.

Solopos.com, BEIJING – Publik Tiongkok dikejutkan dengan temuan langka hewan raksasa berusia 200 tahun. Salamander atau hewan mirip kadal berukuran besar itu ditemukan di goa kapur terisolasi di Tiongkok.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Hewan yang masuk dalam kelas amfibi itu memiliki ukuran empat kaki 17 cm dan diperkirakan berumur 200 tahun. Video yang dirilis ke media Tiongkok menunjukkan hewan raksasa dengan berat sekitar 114 pound atau setara 114 kg itu berwarna coklat. Hewan raksasa itu telah diperiksa oleh ahli satwa liar dan dipindahkan ke sebuah fasilitas penelitian lokal untuk studi lebih lanjut.

Dikabarkan Okezone.com dari Daily Mail, Minggu (13/12/2015), Salamander raksasa, yang diklaim masuk dalam kategori hewan punah oleh Zoological Society of London itu merupakan spesies amfibi terbesar di dunia. Salamander bisa tumbuh hingga sepanjang enam kaki atau 1.8 meter.

Hewan ini juga merupakan salah satu spesies tertua di planet ini, lantaran mengalami co-existed dengan beberapa spesies dinosaurus. Akan tetapi, spesies ini tampaknya harus berjuang hidup karena selama beberapa tahun terakhir, spesies ini mulai mengalami penurunan akibat konsumsi manusia.

Salamander besar Tiongkok dianggap sebagai item makanan mewah. Salamander kerap dijadikan sebagai obat-obatan tradisional. Lantaran hewan ini berjalan cukup lambat, maka hewan ini cukup mudah untuk diburu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya