SOLOPOS.COM - Film Senyap karya sutradara Joshua Openheimer (filsenyap[.com)

Penghargaan film Bodil di Denmark menempatkan film Senyap sebagai jawara.

Solopos.com, SOLO – Film dukomenter Senyap (The Look of Silence) besutan Joshua Oppenheimer bersama ko-sutradara Anonim dari Indonesia menjadi pemenang film dokumenter terbaik di ajang penghargaan Bodil di Bremen Theater Copenhangen, Denmark.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

“Film Senyap menggugah perasaan kami, mendorong kami untuk berpikir, dan membuka mata kami untuk melihat dunia,” kata Dewan Juri Penghargaan Bodil dalam siaran pers.

Joshua menanggapi penghargaan yang diberikan Asosiasi Kritikus Film Denmark itu dengan harapan agar dua filmnya, Jagal dan Senyap dapat memicu perbincangan mengenai sejarah gelap yang selama ini tidak pernah dibicarakan.

Senyap berkisah tentang perjalanan satu keluarga penyintas pembantaian massal 1965 untuk mengetahui siapa dan bagaimana anak mereka dibunuh dari rekaman yang dibuat Joshua Oppenheimer. Adik bungsu korban, Adi Rukun, bertekad memecahkan kesenyapan di kehidupan para korban dan mendatangi mereka yang bertanggung jawab atas kematian kakaknya.

“Setiap penghargaan yang didapatkan film ini saya harap selalu menjadi pengingat bahwa masih banyak yang harus dikerjakan untuk menegakkan keadilan dan mengungkap fakta-fakta sejarah yang digelapkan dari ruang-ruang kelas di Indonesia,” kata Adi Rukun sebagaimana diberitakan Antara, Senin (2/3/2015).

Senyap memenangi kategori film dokumenter terbaik dari nomine lain seperti film The Circus Dynasty, 1989, The Arms Drop, dan We Are Journalists.

Bodil Awards adalah penghargaan film Denmark yang diberikan oleh Asosiasi Kritikus Film Denmark. Perhelatan yang digelar sejak 1948 itu merupakan salah satu penghargaan film tertua di Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya