SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Kpi.go.id)

Peringatan KPI ditujukan kepada semua program infotainment agar tak mengumbar aib orang.

Solopos.com, JAKARTA – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat mengeluarkan surat edaran untuk lembaga penyiaran khususnya televisi terkait siaran program infotainment, Jumat (15/1/2016). KPI Pusat mengingatkan untuk tidak menyiarkan berita yang memuat permasalahan pribadi dan mengungkapkan aib.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Surat edaran itu dilayangkan setelah KPI mendapat aduan masyarakat serta melakukan pemantauan secara langsung. Dari hasil temuan itu, KPI mencatat masih banyak infotainment yang menayangkan berita, wawancara, maupun konferensi pers (press conference) terkait permasalahan privasi seseorang. Tayangan itu dinilai telah bertentangan dengan aturan dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012.

Menurut KPI Pusat sebagaimana dirilis dalam situs resminya, Senin (18/1/2016), hal itu tidak layak ditayangkan karena berkaitan hak-hak privasi orang yang diberitakan bukan untuk kepentingan publik. Seperti dicontohkan KPI terjadi pada Farhat dan Regina, Ahmad Dhani dengan Maia Estianty, Koko Liem dengan mantan istrinya, Charlie dengan Rere.

Dalam aturan P3SPS secara jelas mengatur mengenai pasal program siaran tidak boleh merusak reputasi dan memperburuk keadaan objek yang disiarkan, serta tidak mendorong berbagai pihak yang terlibat dalam konflik mengungkapkan secara terperinci aib dan/atau kerahasiaan masing-masing pihak yang berkonflik.

Di akhir surat, KPI Pusat menegaskan akan melakukan pemantauan intensif terhadap siaran infotainment. Jika masih terdapat pelanggaran, KPI Pusat akan menjatuhkan sanksi sebagaimana diatur dalam undang-undang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya