SOLOPOS.COM - Piala Oscar (ilustrasi/JIBI/dok)

Solopos.com, HOLLYWOOD – Gelaran Oscar 2014, Minggu (2/3/2014), di Dolby Theatre, Hollywood telah usai. Sejumlah nama telah tersebut sebagai jawara tiap kategori. Ditengah gelaran itu banyak hal menarik yang patut diperhatikan.
Berikut redaksi Solopos.com himpun 8 hal menarik dalam gelaran Academy Award 2014 ini;

1. Jennifer Lawrence Tersandung Gaun

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Jennifer Lawrence saat tersandung di Red Carpet Oscar 2014. (eonline.com)

Jennifer Lawrence saat tersandung di Red Carpet Oscar 2014. (eonline.com)

1. Jennifer Lawrence Tersandung Gaun

Insiden yang cukup memalukan ini jelas memperoleh perhatian khusus. Aktris Hollywood, Jennifer Lawrence, tersandung di karpet merah Oscar 2014. Ini kedua kalinya terjadi. Di tahun sebelumnya dia juga tersungkur saat menaiki tangga podium.
Saat, menghadiri Oscar 2014, Minggu (2/3/2014), di Dolby Theatre, Hollywood, Jennifer tampil begitu anggun dengan gaun berwarna merah. Awalnya, Jennifer Lawrence berjalan anggun di karpet merah. Sambil berjalan, dia tampak melambaikan tangan ke arah fotografer.

Tiba-tiba, aktris berambut pendek itu mulai hilang keseimbangan dan berusaha menahan dirinya agar tidak terjatuh dengan memegang bahu orang lain yang berjalan di depannya. Meski sudah berusaha menjaga keseimbangan Jennifer tetap terjatuh. “Aku tersandung,” katanya.

Melihat Jennifer Lawrence jatuh, orang-orang di sekitarnya langsung membantunya untuk berdiri. Terlihat kekasihnya, Nicholas Hoult, dengan sigap memegangi tangannya. Para kru Academy Awards pun membantu memegangi aktris yang kerap melakukan aksi kocak di karpet merah itu.
Jennifer lantas tertawa terbahak-bahak. Bintang 23 tahun itu pun kembali berjalan anggun di karpet merah.

2. Pidato Mengharukan Jared Leto

Jared Leto di Oscar Award 2014 (media.salon.com)

Jared Leto di Oscar Award 2014 (media.salon.com)

2. Pidato Mengharukan Jared Leto

Berkat perannya di film Dallas Buyers Club, Jared Leto memperoleh Oscar pertamanya di 86th Academy Awards. Jared merebut penghargaan aktor pendukung terbaik di film tentang AIDS itu dan berhasil membuat seisi Dolby Theatre haru biru berkat pidatonya.

“Di 1971 Boger City, Louisiana, ada seorang remaja perempuan yang hamil anak keduanya. Dia keluar dari SMA dan menjadi seorang ibu tunggal, entah bagaimana caranya berhasil memberikan kehidupan yang layak untuknya dan anak-anaknya.  Dia mendorong anak-anaknya untuk kreatif, bekerja keras dan dia adalah ibu saya. Dia ada di sini malam ini,” tuturnya.

“Kemenangan ini juga kutujukan untuk semua orang yang merasa diperlakukan tak adil karena siapa dirimu dan siapa yang kau cintai,” lanjutnya.
Dalam pidato kemenangan yang emosional ia mempersembahkan kemenanganya untuk 36 juta orang yang kalah dalam pertarungan melawan AIDS. Jared Leto berhasil menjadi pemenang awal ajang penghargaan Oscar 2014. Aktor berusia 42 tahun ini menyabet penghargaan Aktor Pendukung Terbaik lewat aktingnya sebagai transgender di Dallas Buyers Club yang bercerita tentang AIDS.

3.Selfie 3 Juta Retweet

Foto yang diposting oleh pembawa acara Ellen DeGeneres (bawah) saat dia bersama sejumlah selebritas Hollywod (JIBI/Reuters)

Foto yang diposting oleh pembawa acara Ellen DeGeneres (bawah berbaju putih) saat dia bersama sejumlah selebritas Hollywood (JIBI/Reuters)

3.Selfie 3 Juta Retweet

Foto selfie Ellen DeGeneres di panggung oscar menarik perhatian netizen. Dalam waktu kurang dari lima menit foto tersebut menembus rekor dengan di-retweet lebih dari 100.000 kali.

Rekor tweet yang paling banyak di-retweet pada 2013 adalah komentar pertama Lea Michele tentang kematian kekasihnya Cory Monteith sebanyak 408.266 kali. Namun rekor itu telah dipecahkan Ellen, bahkan dengan retweet yang nyaris mustahil di lewati. Hingga berita ini turun jumlah detailnya sekitar 3.011.379 retweet.

Ellen DeGeneres mungkin tidak menyangka foto selfienya yang diunggah di Twitter bakal memperoleh tanggapan yang masif. Selfie Ellen memang menarik. Menggunakan tangan Bradley Cooper kamera Ellen menangkap kemeriahan ekspresi dari sejumlah selebriti Hollywood seperti Jennifer Lawrence, Meryl Streep, Julia Roberts, Brad Pitt, Angelina Jolie, Lupita Nyong’o, dan Jared Leto.
Lupita Nyong’o dan Jared Leto hari itu meraih penghargaan Aktris Pendukung Terbaik dan Aktor Pendukung Terbaik. Jennifer Lawrence juga tak kalah mencuri perhatian dengan “aksi” tersandungnya di karpet merah.

Lalu Julia Robert, Brad Pitt dan Angelina Jolie tentu selalu mengundang perhatian berkat popularitasnya di Hollywood. Ellen juga tak kalah menarik. Membawakan acara Oscar 2014, Ellen tampil kocak.

“Andai saja tangan Bradley lebih panjang. Foto terbaik sepanjang masa.” tulis DeGeneres di judul foto yang diunggah di akun Twitter pribadinya @TheEllenShow. Bradley Cooper memang mendadak bertugas sebagai pemegang kamera untuk mengabadikan wajahnya bersama DeGeneres.

4.Meryl Strep Pecahkan Rekor

Meryl Streep (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Meryl Streep (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

4.Meryl Strep Pecahkan Rekor

Oscar 2014 jadi gelaran yang bersejarah bagi Meryl Streep. Aktris kawakan ini memecahkan rekor dengan meraih 18 nominasi Oscar atau Academy Awards sepanjang karirnya di dunia perfilman.

Dalam ajang Academy Awards ke-86 yang digelar tahun ini, Meryl Streep menerima nominasi Oscar untuk kategori Aktris Terbaik berkat perannya di film August: Osage County.

Sepanjang sejarah ajang penghargaan tersebut Meryl telah mengumpulkan 18 nominasi Oscar, 15 untuk kategori Aktris Terbaik (Best Actress) dan 3 untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik (Best Supporting Actress).

Rekor milik Meryl diikuti oleh Katharine Hepburn dan Jack Nicholson yang masing-masing mendapatkan 12 nominasi sejak ajang Oscar tersebut digelar.
Meryl, 64, telah memenangkan tiga piala Oscar, yaitu Aktris Terbaik untuk film Sophie’s Choice (1982) dan The Iron Lady (2011). Dia juga memenangkan piala Oscar sebagai Aktris Pendukung Terbaik lewat film Kramer vs. Kramer (1979).

5.Leonardo De Caprio Lagi-lagi Gagal Jawara


Leonardo di Caprio
5.Leonardo De Caprio Lagi-lagi Gagal Jawara



Oscar 2014 kembali bukan milik Leonardo di Caprio. Untuk kesekian kalinya, Leo, sapaan akrab sang aktor, gagal meraih penghargaan.

Dilansir Merdeka.com, Senin (3/3/2014), mengutip situs 9gag, kegagalan kesekian kalinya Leonardo di Caprio untuk merengkuh piala tersebut dijadikan komoditi guyonan paling laris.

Dalam sebuah gambar lelucon, terlihat beberapa akting menangis Leo di film-film yang pernah di bintanginya. Di tengah gambar itu ada juga piala Oscar. Hal ini seakan menandakan Leo menangisi piala yang tak pernah dimenangkannya tersebut.

Memang, selama ini, dari seluruh film box office yang pernah dibintanginya, Leonardo di Caprio tak pernah sekalipun menyabet gelar aktor terbaik di Oscar. Padahal, beberapa film hebat seperti Titanic, Inception, dan yang terbaru The Great Gatsby dan Wolf of Wall Street justru banjir gelar dari kategori lain.

6.Gravity Boleh Mendominasi, Tapi 12 Year Slave Jawaranya

Para produser (dari kiri ke kanan) Anthony Katagas, Jeremy Kliner, Dede Gardner, Steve McQueen dan Brad Pitt berpose dengan piala mereka kategori Film Terbaik untuk Film 12 Years a Slave saat ajang Piala Oscar ke-86, Minggu (2/3/2014)> (JIBI/Reuters)

Para produser (dari kiri ke kanan) Anthony Katagas, Jeremy Kliner, Dede Gardner, Steve McQueen dan Brad Pitt berpose dengan piala mereka kategori Film Terbaik untuk Film 12 Years a Slave saat ajang Piala Oscar ke-86, Minggu (2/3/2014)> (JIBI/Reuters)

6.Gravity Boleh Mendominasi, Tapi 12 Year Slave Jawaranya

Film 12 Years a Slave berhasil memenangkan film terbaik di ajang Academy Awards ke-86, Minggu (2/3/2014) atau Senin pagi WIB.



Film yang diproduseri Brad Pitt dan disutradarai oleh Steve McQueen itu diambil berdasarkan kisah nyata tentang seorang budak bernama Solomon. Meski dilahirkan sebagai orang bebas, Solomon diculik dan akhirnya dijadikan budak.

Dalam kategori tersebut, 12 Years a Slave bersaing dengan film Her, American Hustle, Dallas Buyers Club, Philomena, Gravity, The Wolf of Wall Street, Nebraska, dan Captain Phillips.

Sebelumnya, Lupita Nyong’o berhasil meraih penghargaan untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik berkat aktingnya sebagai Patsey di film ini.

Kemenangan ini sekaligus menggusur Gravity yang nyatanya telah mendominasi Oscar dengan 7 penghargaan diantaranya Best Visual Effect, Best Sound Mixing, Best Sound Editing, Achievement in Film Editing, Best Cinematography, Best Original Score dan Best Director.

7.Film Palestina di Panggung Oscar

 

Hany Abu-Assad (tengah), Sutradara film Palestina "Omar" datang dengan para pemainnya dalam 86th Academy Awards di Hollywood, California, Minggu (2/3/2014) waktu setempat. (JIBI/Reuters)

Hany Abu-Assad (tengah), Sutradara film Palestina “Omar” datang dengan para pemainnya dalam 86th Academy Awards di Hollywood, California, Minggu (2/3/2014) waktu setempat. (JIBI/Reuters)

7.Film Palestina di Panggung Oscar



Ini pertama kalin terjadi dalam sejarah Academy Awards. Produser film asal Palestina Hany Abu-Assad masuk dalam nominasi dalam film berjudul “Omar.”
Sebelumnya nama Hany Abu-Assad juga pernah masuk nominasi untuk film Paradise Now pada 2006 yang disebut berasal dari negara Palestina meski Israel keberatan. Pria kelahiran kota Nazareth tersebut menilai penghargaan atas film asal negara tersebut sangat penting.

“Oscar melihat hal itu, sekalipun kami dari negara yang belum merdeka, kami masih punya hak untuk menyerahkan film kami sebagai film yang independen dan ini merupakan langkah maju,” ujarnya sebagaimana dikutip situs berita Aljazeera.com, Senin (3/3/2014).

Israel keberatan dengan penghargaan itu karena hingga kini negara Yahudi itu tidak mengakui negara Palestina. Israel hanya mengakui Palestina sebagai sebuah teritori.

8.Cinta Laura, Artis Indonesia di Panggung Oscar

Cinta Laura (instagram)

Cinta Laura (instagram)

8.Cinta Laura, Artis Indonesia di Panggung Oscar

Barangkali ini khusus bagi penikmat hiburan di Tanah Air. Cinta Laura tampil anggun di di karpet merah Pre-Oscar 2014.

Penampilan Cinta Laura di kemeriahan ajang Red Carpet Pre-Oscars 2014 di Amerika Serikat, Minggu (2/2/2014) menuai banyak pujian dari netizen.
Pamer foto di Instagram dan Twitter pemilik akun @xcintakiehlx ini terlihat anggun dengan balutan gaun bernuansa etnik rancangan Intan Avantie.



Cinta mengunggah sebuah foto di akun Instagramnya dengan judul “Pre-Oscars Red Carpet.” Cinta nampak berpose sendirian di dekat patung lambang Piala Oscar. “Thank God, batik dress karya Intan/Anne Avantie menjadi pusat perhatian para reporter mancanegara,” tulisnya.

Gaun bernuansa etnik tersebut dirancang oleh putri Anne Avantie, Intan Avantie. Sama seperti sebelumnya, gaun itu menuai pujian dari para follower.

Sayangnya salah satu gaun etnik Cinta Laura yang dikenakannya di karpet merah Pre-Oscar 2014 ternyata punya kembaran. Runner Up I Puteri Indonesia Lingkungan 2014, Elfin Pertiwi ternyata pernah mengenakan gaun yang sama pada Grand Final Puteri Indonesia 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya