SOLOPOS.COM - Hisham Fageeh (Youtube)

Solopos.com, ARAB SAUDI – Sebuah video unik muncul di situs berbagi video, Youtube. Video berjudul No Woman No Drive yang merupakan plesetan lagu No Woman No Cry jadi hits dengan 9 juta penonton dalam waktu delapan hari.

Hisham Fageeh, aktivis Arab Saudi jadi perbincangan hangat media internasional. Dalam video berdurasi 4 menit 15 detik, Hisham menunjukkan sikapnya atas kebijakan pemerintah Arab Saudi yang enggan menerbitkan surat izin mengemudi bagi wanita.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Uniknya, Hisham melakukan protes dengan meminjam nama beken Bob Marley. Lagu legenda rastafara paling populer sejagad berjudul No Woman no Cry dirombak jadi No Woman No Drive.

Hisham dikenal sebagai stand up comedian berbahasa Arab dan Inggris. Pria kelahiran 1987 ini turut serta dalam Festival Komedi New York Arab-Amerika.

Bersama artis Youtube, Fahad Albutiri dan Alaa Wardi dalam lagu itu Hisham ingin menyampaikan sikapnya menentang pemerintah yang melarang wanita mengemudi.

Negara Arab Saudi punya aturan ketat bagi para wanita. Perempuan diwajibkan menutupi tubuh mereka dari kepala sampai kaki dan perlu mendapat izin dari wali laki-laki untuk bepergian, bekerja, dan menikah.

Aturan-aturan adat dikonversi jadi aturan negara. Meski tidak ada peraturan tertulis, wanita dapat dikenai sanksi jika ketahuan mengemudi. Wanita yang memaksakan diri menyetir bakal mendapatkan hukuman berat.

Di tahun 2011, polisi sempat menangkap beberapa orang wanita dan mendesak mereka untuk berjanji agar tidak menyetir lagi.

Dalam video itu, Hisham bertepung tangan, bersiul, dan bernyanyi. Hisham  menggunakan baju tradisional Arab Saudi yang biasa digunakan petinggi pemerintah disana.

Hisham membuka lelucon satir itu dengan lirik plesetan dari “I remember when a we used to sit In a government yard in Trenchtown”

“Say I remember when you used to sit, in the family car, but backseat, (Aku ingat waktu kau duduk di mobil keluarga, tapi duduk di belakang)”

Hisham mencoba menyangkal klaim ulama Saudi yang menyatakan mengemudi akan menyebabkan gangguan ovarium perempuan.

“Ovaries are safe and well, so you can make lots and lots of babies,(Ovarium akan aman dan baik-baik saja, kamu dapat melahirkan banyak bayi yang banyak, banyak sekali)” katanya.

” In this bright future, you can’t forget your past, so put your car key away (Di masa depan yang cerah ini, kamu tidak bisa melupakan masa lalumu, maka singkirkan kunci mobilmu)” katanya dalam lagu itu.

Dilansir Al-Arabiya, Minggu (27/10/2013), video ini dirilis pada 26 Oktober, bertepatan dengan kampanye “Mengemudi 26 Oktober” yang menuntut pemerintah untuk memberi ijin perempuan untuk mengemudi.

Lagu plesetan itu telah memicu perdebatan di media sosial. Menurut pembuatnya, video itu ingin dibuat menyenangkan dan lucu.

“Ada banyak unsur satir dalam video ini. Kami hanya ingin melakukan sesuatu yang menyenangkan. Tugas kami hanya membuat orang tertawa,” ujar Hisham pada media setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya