SOLOPOS.COM - POPULERKAN INDONESIA -- Film Eat, Pray, Love yang dibintang Julia Roberts (kanan) dan salah satu bagiannya diambil di Bali dinilai mendukung promosi Indonesia. (bicarafilm.com)

Jakarta (Solopos.com) – Pemerintah mendorong produser film internasional untuk membuat film di Indonesia guna meningkatkan promosi pariwisata alam Nusantara.

POPULERKAN INDONESIA -- Film Eat, Pray, Love yang dibintang Julia Roberts (kanan) dan salah satu bagiannya diambil di Bali dinilai mendukung promosi Indonesia. (bicarafilm.com)

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

“Pemerintah akan mendorong lebih banyak lagi produser internasional memilih panaroma dan alam Indonesia dalam film mereka,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dalam siaran pers, Minggu (23/10/2011). Ia menilai pembuatan film internasional dengan menggunakan latar alam Indonesia akan bermanfaat besar bagi promosi pariwisata nasional.

“Ke depan kami akan menerapkan proses satu pintu selesai,” kata mantan Menteri Perdagangan yang pada Sabtu (22/10/2011) meninjau pengambilan gambar film I, Alex Cross besutan sutradara Hollywood Rob Cohen di Desa Jasri, Kecamatan Karangsem, Bali. Mari menyatakan keinginannya agar banyak film besar produksi Hollywood memanfaatkan alam Indonesia sebagai lokasi syuting. “Ini akan memberikan dampak yang luar biasa bagi Indonesia,” katanya. Oleh karena itu, ia bertekad mempermudah seluruh proses perizinan pengambilan gambar untuk film internasional.

Bali kembali menjadi pilihan produser dari Hollywood sebagai lokasi pengambilan gambar film mereka. Sebelumnya film produksi Colombia Pictures, Eat, Pray, Love yang dibintangi Julia Roberts juga melakukan pengambilan gambar di Bali. Film I, Alex Cross yang disutradarai Rob Cohen tersebut antara lain dibintangi aktor top Hollywood Jean Reno, yang dikenal lewat film seperti Da Vinci Code, Leon, The Professionals dan Hotel Rwanda.

Dalam film itu, Reno bermain sebagai pembunuh yang sedang melarikan diri ke Bali, dari dikejar-kejar detektif Alex Cross (Tyler Perry). Film tersebut melibatkan 35 tenaga lokal dan 20 pemain lokal yang berperan sebagai polisi. Meski waktu pengambilan gambar hanya tiga hari, namun Mari meyakini film ini akan cukup efektif mendukung promosi pariwisata Bali karena gambar-gambar di Karangasem tersebut adalah adegan puncak dari film I, Alex Cross.

Rob Cohen merupakan sutradara terkenal dengan film-film suksesnya antara lain The Witches of Eastwick, The Serpent and the Rainbow, The Running Man, Fast & Furious, The Mummy, The Mummy: Tomb of The Dragon Emperor.

JIBI/SOLOPOS/Ant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya