SOLOPOS.COM - God Bless. (Instagram @godblessrocks)

Solopos.com, SOLO-Bakal sepanggung lagi dengan Deep Purple, berikut ini profil God Bless. Grup band yang dipandegani Achmad Albar ini bakal jadi band pembuka konser Deep Purple di Solo pada Maret 2023 mendatang.

Sebelumnya, dua band besar ini pernah bertemu dalam sebuah konser megah di Jakarta pada Desember 1975. Saat itu, Deep Purple yang baru berumur tujuh tahun menggelar konser ultramegah di Jakarta dan God Bless menjadi band pembuka pada hari kedua, 5 Desember 1975.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Mengutip keterangan pers Rajawali Indonesia selaku promotor konser musik Deep Purple di Solo, saat mengelar konferensi pers di Natahati Coffee & Eatery, Solo, Jumat (13/1/2023), Deep Purple dan God Bless adalah dua band besar yang lahir di era yang sama.

Berikut ini profil God Bless yang juga telah teruji oleh waktu seperti Deep Purple. Dikutip dari berbagai sumber pada Jumat (13/1/2023), awal mula pembentukan grup band yang kemudian populer dengan tembang Semut Hitam ini berawal dari kembalinya Achmad “Iyek” Albar kembali ke Tanah Air setelah beberapa tahun tinggal di Belanda.

Dia pun berangan-angan membentuk band sendiri yang lebih serius. Dia kembali dari Belanda bersama dengan Ludwig Lemans (gitaris Clover Leaf, band Iyek ketika masih di Belanda). Iyek lalu mengajak (almarhum) Fuad Hassan (drum) dan Donny Fattah (bass) untuk membentuk band. Inilah yang melatarbelakangi berdirinya Crazy Wheels, sebelum akhirnya band tersebut – yang mengadakan konser perdananya di Taman Ismail Marzuki lalu mengikuti pentas musik Summer ’28, semacam pentas Woodstock ala Indonesia di Ragunan, Jakarta, yang diikuti berbagai band dari Indonesia, Malaysia dan Filipina – mengubah namanya menjadi God Bless pada tanggal 5 Mei 1973.

Jockie Surjoprajogo (keyboard) sendiri baru bergabung dengan Crazy Wheels/God Bless pada awal  1973. Dia dimaksudkan sebagai pengganti Deddy Dores – yang sempat bergabung dengan God Bless namun tidak bertahan lama dalam band tersebut karena harus mengurus bandnya sendiri, Rhapsodia. Namun Jockie juga tidak bisa bertahan lama. Posisi dia pun digantikan oleh (almarhum) Soman Lubis.

Pada bulan Juni 1974, Fuad Hasan dan Soman Lubis (keyboard) mengalami kecelakaan lalu lintas di Tugu Pancoran, Jakarta Selatan. God Bless pun melalui masa berkabung. Ditambah lagi, sang gitaris Ludwig Lemans juga memutuskan untuk keluar dari God Bless. Dengan demikian, personel yang tersisa tinggal Achmad Albar dan Donny Fattah. Untuk mengisi kekosongan pada kibor, mereka mengajak Jockie untuk bergabung kembali. Jockie lantas mengajak Ian Antono (gitar) dan Teddy Sujaya (drum) untuk bergabung dengan God Bless.

Saat ini, God Bless diawaki Achmad Albar (vokal), Donny Fattah (bass), Ian Antono (gitar), Abadi Soesman (kibor), dan Fajar Satritama (drum). Namun, pada beberapa kesempatan di saat Donny Fattah menjalani perawatan akibat sakit jantung, posisinya digantikan Arya Setyadi.

“Senang sekali kita masih bisa berkumpul merayakan 49 tahun God Bless. Terima kasih kepada rekan-rekan semua yang hadir. Kami mengharapkan doa-doa dari Anda semua agar kami tetap sehat,” kata Achmad Albar dalam acara syukuran  49 tahun perjalanan karier God Bless pada 6 Mei 2022 seperti dikutip dari Antara pada Jumat (13/1/2023).

Setelah mengetahui profil God Bless, ketahui pula sebelumnya grup band rock ini pernah memberi kode akan konser bersama Deep Purple. Hal ini terlihat dari unggahan di Instagram mereka tertanggal 6 Desember 2022 lalu.

“Konser bersejarah yang berlangsung 47 tahun lalu. Tepatnya tanggal 5 Desember 1975, God Bless tampil sepanggung dengan Deep Purple. Setujukah jika kedua band ini dipertemukan kembali?” demikian bunyi tulisan tersebut menyertai unggahan video singkat penampilan dua band legendaris itu seperti dikutip Solopos.com dari Instagram @godblessrocks pada Jumat (13/1/2023).

Unggahan ini pun disambut gembira oleh warganet. “Setuju… Ayooo Tampilkan lg Dalam 1 Panggung… Dikemas Lebih Baik lg krn Sekarang Semua Fasilitas sdh Jauh Lebih Baik,” tulis @koes_inc.

“Sangat setuju God Bless tampil.kembali bersama Deep Purple sesama the legend…ditunggu,” tulis @fxharisantosa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya