SOLOPOS.COM - Aktor senior Ikranagara. (Instagram @festivalfilmid)

Solopos.com, SOLO-Aktor senior Ikranagara meninggal dunia dalam usia 79 tahun pada Senin (6/3/2023), berikut ini profil aktor senior tersebut. Kabar duka itu dibagikan Festival Film Indonesia (FFI) melalui halaman Instagram-nya.

“Festival Film Indonesia turut berduka cita yang mendalam atas berpulangnya sahabat dan keluarga kami. Ikranagara, 19 September 1943 – 6 Maret 2023,” tulis FFI pada Selasa (7/3/2023).

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

“Selamat jalan, Ikranagara. Terima kasih atas cinta dan dedikasimu pada dunia perfilman Indonesia,” tulis FFI lagi.

Di dunia perfilman, nama dan profil Ikranagara sudah dikenal. Ada beberapa film yang dia bintangi yang paling dikenal seperti Kejarlah Daku Kau Kutangkap (1986) dan Keluarga Markum (1986). Berkat memainkan peran utama sebagai Markum di Kejarlah Daku Kau Kutangkap, sang aktor mendapat nominasi Piala Citra FFI pada 1986.

Pada 2000-an, aktor kelahiran 19 September 1943 itu juga dikenal melalui film-film seperti Laskar Pelangi (2008), Garuda di Dadaku (2009), hingga Sang Kiai (2013). Lewat Laskar Pelangi, dia memenangi penghargaan Indonesian Movie Actors Awards pada 2009. Dia juga mendapat nominasi Piala Citra Festival Film Indonesia dan menang di Festival Film Bandung untuk Sang Kiai.

Selain sebagai aktor, profil Ikranagara dikenal sebagai pelukis, penulis skenario, dan sastrawan. Mengutip halaman webiste FFI dan Antara, Selasa (7/3/2023), keterlibatan Ikranegara di dunia film mulanya karena faktor keisengan. Dia memulai kiprah di dunia kesenian melalui drama dan puisi.

Menurut FFI, Ikranagara melakukan dekonstruksi terhadap teater tradisional, terutama yang ada di Bali dengan menggali budaya setempat, bersama Putu Wijaya. Hal ini seperti yang dilakukan oleh W.S. Rendra melalui budaya Jawa dan Arifin C. Noer melalui kesenian Cirebon dan Betawi.

Menengok unggahan Instagram Festival Film Indonesia, unggahan kabar duka tentang meninggalnya Ikranagara tersebut mendapatkan banyak ucapan belasungkawa. “Selamat jalan Bung Ikranagara. Peran Markum anda lah salah satu yang menginspirasi dan membuat saya ingin jadi aktor. Semoga dilapangkan jalan menuju ke surganya,” tulis @encebagus_ dikutip dari @festivalfilmid pada Selasa (7/3/2023).

“Selamat jalan bapak kepsek SD Muhammadiyah Gantong, Belitong,” tulis @dedeyonass.

“Turut berduka cita,” tulis @ajipradityo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya