SOLOPOS.COM - Maudy Ayunda. (Instagram/@maudyayunda)

Solopos.com, SOLO-Artis dan penyanyi Maudy Ayunda ditunjuka sebagai jubir Presidensi G20 Indonesia, seperti apakah profilnya? Hal ini diungkapkan di Instagram media sosialnya dan di kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Kamis (31/3/2022).

Di Instagramnya, Maudy Ayunda mengungkapkan perasaannya ditunjuk sebagai jubir Presidensi G20 Indonesia. “Sungguh sebuah kehormatan ditugaskan menjadi bagian tim Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia. Terima kasih. Humbled and excited to learn and play a role in such a historic moment for Indonesia,” tulis Maudy Ayunda di akun Instagram terverifikasi miliknya @maudyayunda seperti dikutip pada Kamis (31/3/2022).

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Jadi Jubir Presidensi G20 Indonesia, profil Maudy Ayunda bertabur prestasi sehingga membuat warganet menjadikannya sosok inspiratif.  Prempuan kelahiran 19 Desember 1994 ini adalah seorang aktris, model, aktivis, penulis dan penyanyi berkebangsaan Indonesia.

Baca Juga: Maudy Ayunda Jadi Jubir Presidensi G20 Indonesia, Warganet: Keren!

Ia memulai kariernya dalam film Untuk Rena produksi Miles Films pada tahun 2005. Kemudian ia membintangi beberapa film seperti Perahu Kertas (2012), Refrain (2013), dan Habibie & Ainun 3 (2019).

Untuk karier musik, Maudy merilis album pertamanya pada tahun 2011, Panggil Aku. . . dengan single hits berjudul Tiba Tiba Cinta Datang. Sejak saat itu, Maudy telah merils tiga album Panggil Aku. . . (2011), Moments (2015), dan Oxygen (2018), serta dua album mini berjudul  My Hidden Collection (2013) dan The Hidden Tapes: Vol. 1 (2021).

Dikutip dari berbagai sumber, Jumat (1/4/2022), profil Maudy Ayunda di dunia hiburan Tanah Air diawali lewat film Untuk Rena yang dibintanginya bersama Surya Saputra pada tahun 2005. Dalam film produksi Miles Films tersebut, Maudy berperan sebagai Rena. Karena perannya di film tersebut, Maudy mendapat penghargaan Aktris Utama Terpilih oleh Festival Film Jakarta 2006 di usianya yang baru menginjak 11 tahun.

Baca Juga: Maudy Ayunda Balas Chat, Jerome Polin Girang

Ia juga dinominasikan dalam MTV Indonesia Movie Awards 2006 untuk kategori Most Favorite Rising Star. Selain mengawali karier sebagai aktris pada tahun 2005, ia juga merilis buku pertamanya yang berjudul A Forest of Fables. Buku tersebut berisi tujuh belas dongeng pendek tentang satwa-satwa di hutan. Seluruh hasil penjualan buku tersebut ia sumbangkan untuk korban Tsunami Aceh 2004.

Pada 2009, Maudy kembali mendapatkan peran di film produksi Miles Films yang merupakan sekuel film Laskar Pelangi berjudul Sang Pemimpi. Dalam film tersebut, ia berperan sebagai gadis Melayu bernama Zakiah Nurmala. Di film tersebut, Maudy tidak hanya berperan sebagai Zakiah Nurmala, pujaan hati sang tokoh utama, Arai, tetapi juga ikut menyanyikan salah satu soundtrack-nya yang berjudul Mengejar Mimpi. Sejak itu, namanya mulai diperhitungkan sebagai artis belia berbakat di Indonesia. Maudy juga terpilih sebagai finalis GADIS Sampul 2009.

Baca Juga: Maudy Ayunda Masuk Daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2021

Profil Maudy Ayunda sebagai pribadia adalah dia merupakan putri dari pasangan Didit Jasmedi R. Irawan dan Muren Murdjoko. Ia memiliki seorang adik bernama Amanda Khairunnisa.  Maudy memiliki hobi membaca dari kecil, ia belajar membaca di usia 3 tahun. Maudy bersekolah di Mentari Intercultural School, yang awalnya ia memiliki kendala bahasa saat bersekolah di sana. Ia mengaku harus beradaptasi menggunakan bahasa Inggris sedangkan saat itu ia hanya terbiasa dengan bahasa Indonesia dan Jawa.

Setelah lulus SMA, Maudy diterima di Universitas Oxford, Inggris dan mengambil jurusan P.P.E (Politics, Philosophy, and Economics). Maudy memulai studinya bulan September 2013 dan lulus pada tahun 2016. Pada 2019, Maudy berencana melanjutkan S2. Ia berhasil diterima di dua universitas ternama dunia yaitu Universitas Harvard dan Universitas Stanford. Ia memutuskan untuk kuliah di Universitas Stanford dan lulus pada 2021 dengan gelar ganda untuk jurusan bisnis (M.B.A.) dan pendidikan (M.A.).

Baca Juga: Ini Alasan Maudy Ayunda Dipilih Jadi Ainun di Film Habibie & Ainun 3

Selain membangun karier di dunia hiburan, Maudy juga menaruh perhatian pada dunia sosial, politik, dan ekonomi Indonesia, khususnya yang memberikan dampak langsung terhadap kehidupan anak muda. Pada 2015, ia mendampingi Perdana Menteri Inggris, David Cameron, saat mengunjungi Jakarta.

Maudy merupakan pembicara termuda di Forum Ekonomi Global 2015. Pada tahun 2016 ia dipilih oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia sebagai Wanita Inspiratif Indonesia. Ia juga memenangkan BUBU Awards sebagai Influencer Digital Terbaik dan Milenial Paling Berpengaruh oleh Style Awards atas keterlibatan positifnya di media sosial dan kolaborasinya dengan CIMB Niaga dalam gerakan Kejar Mimpi.  Ia juga terpilih dalam Forbes Indonesia 30 Under 30 di kategori Art, Syle, and Entertainment pada tahun 2020 sebagai aktris yang inspirasional.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya