SOLOPOS.COM - Remy Sylado. (Instagram @remysylado)

Solopos.com, SOLO-Sastrawan pelopor puisi mbeling yang populer dengan nama Remy Sylado meninggal dunia pada Senin (12/12/2022) ini, simak profilnya berikut ini. Kepergian novelis dan sastrawan itu kali pertama dikabarkan oleh anggota DPR, Fadli Zon.

Melalui akun Twitter-nya, Fadli Zon melaporkan bahwa pria yang bernama lengkap Japi Panda Abdiel Tambajong itu meninggal dunia. “Selamat jalan Bang Remy Sylado. Baru beberapa hari lalu ngobrol tentang Elvis Presley dan manajernya Kolonel Tom Parker. RIP,” kata Fadli melalui akun Twitter @fadlizon dikutip Bisnis.com Senin (12/12/2022).

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Remy Sylado merupakan sastrawan besar Indonesia, ia juga dikenal sebagai pelopor Puisi Mbeling yang dicetuskan pada tahun 1971.

Baca Juga: Dunia Sastra Indonesia Berduka, Sastrawan Senior Remy Sylado Berpulang

Profil Remy Sylado sebagai penulis telah dikenal luas. Buku puisi Remy Sylado yang menggambarkan tentang gerakan Puisi Mbeling itu diterbitkan dengan judul Puisi Mbeling pada 2004.

Seniman yang meninggal pada usia 77 tahun itu menghabiskan masa kecil hingga remaja di Semarang dan Solo. Kemudian pada  1965, Remy memulai karier sebagai wartawan di majalah Tempo.

Sedangkan pada 1970, ia menjadi redaktur di majalah Aktuil. Dalam masa itu, Remy juga sibuk menulis puisi, cerpen, novel, kritik, drama, kolom, roman, hingga buku-buku musikologo. Sejumlah buku yang telah diterbitkannya antara lain Ketua Kelas Kita, Malaikat Lereng Tidar, Kerudung Merah Kirmizi, dan sebagainya.

Baca Juga: Mantan Dubes Indonesia Sri Astari Rasjid Meninggal di Usia 69 Tahun

Bukan hanya sebagai sastrawan, profil Remy Sylado juga dikenal di dunia seni peran. Sedangkan kariernya sebagai aktor, ia pernah tampil di beberapa film di antaranya Tinggal Sesaaat Lagi (1986), Akibat kanker Payudara (1987), dan 2 dari 3 Laki-Laki (1989). Tak hanya itu, ia juga tercatat pernah mengajar di Institut Teater dan Film, Sekolah Tinggi Teologi, dan Akademi Sinematografi.

Pihak keluarga mengonfirmasi bahwa jenazah seniman dan sastrawan Remy Sylado dimakamkan pada Selasa (13/12/2022) di TPU Menteng Pulo, Jakarta Selatan. “Rencananya itu besok [dimakamkan] jam 11 di Menteng Pulo Kasablanka. Jadi ini sebentar lagi akan dimandikan terus peti disiapkan,” kata istri Remy Sylado, Emmy Tambayong di rumah duka di kawasan Cipinang Muara, Jakarta, Senin, dikutip dari Antara, Senin (12/12/2022).

Emmy menambahkan, suaminya tersebut mengembuskan nafas terakhir sekitar pukul 10.30 WIB di rumah duka. “Padahal pagi masih saya kasih kopi susu. Masih ngobrol biasa,” ujar Emmy.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Profil Remy Sylado Sastrawan Pelopor Puisi Mbeling yang Meninggal Hari Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya