SOLOPOS.COM - Ustaz Hanan Attaki. (Instagram @hanan_attaki)

Solopos.com, SOLO-Sosok Ustaz Hanan Attaki menarik perhatian lantaran namanya mulai dikenal sebagai pendakwah muda, berikut ini profilnya. Simak ulasannya di profil artis kali ini.

Pria yang dikenal sebagai pendiri Shift Pemuda Hijrah Movement ini kerap memberikan dakwah yang ditujukan pada kaum muda. Gerakan yang didirikan pria berusia 41 tahun tersebut banyak diikuti oleh para anak-anak muda muslim Indonesia.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Mengutip berbagai sumber, Rabu (3/4/2024), diketahui profil Ustaz Hanan Attaki memiliki nama lengkap Tengku Hanan Attaki dan lahir di Aceh pada 31 Desember 1981. Hanan Attaki sendiri merupakan anak kelima dari enam orang saudara.

Sejak kecil Hanan Attaki sudah dekat dengan Al-Qur’an. Dia juga dikenal cerdas bahkan mendapatkan beasiswa. Tak hanya itu, dia juga banyak menjuarai berbagai Musabaqah Tilawatil Quran di daerahnya.

Saat duduk di bangku sekolah dia menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Ruhul Islam Banda Aceh. Kemudian, dia mendapatkan beasiswa ke Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir karena prestasi yang dimiliki.

Saat kuliah di Al Azhar, dia mengambil jurusan tafsir Al-Qur’an di Fakultas Ushuluddin. Pada masa kuliah, ia juga sempat bergabung dalam kelompok studi Al-Qur’an dan ilmu-ilmu Islam.

Profil Ustaz Hanan Attaki dalam kehidupan asmara diketahui bertemu dengan sang istri, Haneen Akira, di kampus ternama Mesir itu. Keduanya pun memutuskan menikah saat masih mengenyam pendidikan di Al Azhar.

Setelah menyelesaikan studinya pada 2004 dan mendapat gelar Lc, ia sempat mengisi acara tilawah di televisi sebelum akhirnya kembali ke Indonesia. Sepulangnya dari Mesir, dia pun fokus menggeluti bidang dakwah khususnya untuk kalangan muda.

Namanya dikenal karena ceramahnya yang mudah untuk dipahami terutama bagi para anak muda. Tak heran jika banyak anak muda yang senang dengan ceramahnya.

Selain menjadi pendiri Gerakan Pemuda Hijrah, Ustaz Hanan Attaki juga memiliki Pesan_Trend yang bernuansa alami.

Setelah tahu profilnya, ketahui pula bawa cerah Ustaz Hanan Attaki pernah ditolak. Rencana acara Konser Langit yang menghadirkan Ustaz Hanan Attaki ditolak di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Sebelumnya, acara serupa yang mendatangkan Hanan Attaki juga ditolak di Kabupaten Jember.

Penolakan terhadap acara ceramah Hanan Attaki itu disampaikan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Situbondo, K. H. Muhyiddin Khotib. Dia menyampaikan menolak rencana ceramah Hanan Attaki di Situbondo. Hanan Attaki diduga aktif sebagai pengurus HTI yang dinilai anti-NKRI.

Meski sebelumnya pernah ditolak berdakwah di berbagai daerah di Jawa Timur, pendiri Gerakan Pemuda Hijrah ini resmi dibaiat menjadi warga Nahdlatul Ulama (NU) di hadapan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, Dr KH Marzuki Mustamar.

Pembaiatan ini dilakukan dalam acara Halal Bihalal 1444 Hijriyah Keluarga Besar Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek sekaligus Haul KH Ahmad Noer, KH Mustamar, dan KH Murtadho Amin, di Malang, Kamis (11/5/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya