SOLOPOS.COM - Brando Franco Windah atau dikenal dengan nama Windah Basudara. (Instagram/@windahbasudara)

Solopos.com, SOLO-Nama Windah Basudara jadi sorotan saat dia berhasil mengumpulkan donasi Rp300 juta dalam 3 jam, seperti apa profil pria yang dikenal sebagai Youtuber gaming ini? Simak ulasannya di profil artis kali ini.

Melalui akun Instagramnya, pria bernama asli Brando Franco Windah ini mengucapkan terima kasih atas partisipasi donatur untuk program charity untuk pendidikan Amat dan anak yang membutuhkan lainnya. “terima kasih untuk semua teman-teman yang sudah berdonasi dan ikut menonton di charity kali ini, semoga apa yang sudah kita kumpulkan ini dapat membantu Amat dan anak-anak yang membutuhkan lainnya untuk dapat bersekolah dan berprestasi,” demikian tulisnya dikutip dari Instagram @windahbasudara pada Rabu (12/10/2022).

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Dia juga meminta donatur untuk terus mengawal pengalokasian dana tersebut. “last but not least, please kindly follow @beasiswa10000 untuk mengikuti perkembangan pengalokasian dana yang dikumpulkan untuk Amat dan anak-anak yang membutuhkan lainnya,” tulisnya.

Baca Juga:  Bakal Ada Turnamen Esports Gratis di Sragen, Daftarnya Mudah Banget

Dikenal sebagai Youtuber gaming, berikut ini profil Windah Basudara dikutip dari berbagai sumber pada Rabu (12/10/2022).  Pria bernama lengkap Brando Franco Windah ini merupakan kelahiran 14 Maret 1992.  Dia dikenal sebagai YouTuber dan streamer online Indonesia, terkenal karena siaran langsung pada permainan video di YouTube.

Ia juga dikenal banyak menciptakan istilah, salah satunya adalah Bocil Kematian, istilah yang ia gunakan untuk menggambarkan pemirsanya. Saat berita ini ditulis pada Rabu (12/10/2022) dia memiliki 8,72 juta pengikut di kanal Youtube-nya.

Baca Juga: Asus ROG Strix GT15, PC Gaming Intel Core 12th Gen

Pada 8 Juni 2021, RRQ mengumumkan di akun Instagramnya (@teamrrq), bahwa Windah Basudara adalah ambassador barunya.  Pada 15 Juli 2022, saluran YouTube utamanya diduga diretas dan akhirnya dihapus pada 16 Juli 2022.  Salurannya kembali dalam proses pemulihan pada 19 Juli 2022.

Sedangkan profil Windah Basudara sebagai pribadi diketahui dia kelahiran Manado, Sulawesi Utara, dan merupakan anak kedua dari 4 bersaudara. Dia memiliki dua saudari, Florence dan Caroline, dan seorang adik laki-laki, Vincent. Ketika dia masih di taman kanak-kanak, keluarganya memutuskan untuk pindah dan menetap di Jakarta di mana dia menghabiskan tahun-tahun pembentukannya. Ia bersekolah di SD Santo Vincentius, SMP Marsudirini dan SMA Santo Bellarminus.

Baca Juga: ROG Phone 6 Series dari Asus Meluncur di Indonesia 21 September 2022

Brando gemar bermain bermain video sejak kecil. Konsol pertama yang dia mainkan adalah Nintendo NES. Sejak awal sekolah dasar, Brando menyukai PlayStation 1 (PSX) dan permainan RPG Suikoden II miliknya.

Windah Basudara memulai karier Youtube pada 29 Desember 2018. Dia mengulas banyak genre permainan di saluran Youtube-nya. Mulai dari Permainan Bermain Peran (RPG), Aksi, Strategi Waktu Nyata (RTS), Permainan Balap, Permainan Petualangan, dan masih banyak lagi.

Dia juga dikenal karena akting yang biasanya dia lakukan selama atau di akhir siaran langsungnya, sebagai bagian dari kepribadiannya yang unik. Ia mengatakan, pertunjukan tersebut merupakan salah satu bentuk gimmick untuk menghibur dan diharapkan dapat menarik lebih banyak penonton. Dia juga mengatakan bahwa dia menghabiskan jutaan untuk pakaian dan barang lain-lain.

Baca Juga: Siapa Jess No Limit yang Lamar Sisca Kohl?

Karena keberhasilan yang luar biasa sebagai seorang penyiar, ia sekarang mengumpulkan sekitar 100.000 penonton selama siaran langsung-nya. Pada April 2019, Windah Basudara hanya memiliki seribu pelanggan, pada Juni 2019, pelanggannya meningkat menjadi 100.000. Ia pernah berkolaborasi dengan MiawAug dalam permainan Secret Neighbor dan juga pernah diundang untuk tampil di atas panggung pada acara YouTube FanFest 2019. Pada Juni 2020 ia telah mencapai satu juta pelanggan.

Pada 8 Juli 2021, melalui akun Instagram  @teamrrq Windah Basudara  diumumkan sebagai brand ambassador baru untuk tim e-Sport RRQ.  Selain keberhasilan Youtube-nya, Brando juga berkontribusi pada acara penggalangan dana. Salah satu yang paling berkesan adalah live streaming 24 jam, di mana ia berhasil mengumpulkan dana hingga Rp50 juta yang ia sumbangkan untuk membantu penanganan Covid-19.

Baca Juga: Baru Main Mobile Legends, Pahami 32 Istilah di Game Tersebut

Profil Windah Basudara sebagai Youtuber kian bersinar saat mendapatkan penghargaan. Pada November 2021, Windah Basudara memenangi Most Favorite Gaming Content Creator of 2021 di ajang Indonesian Esports Awards 2021. Windah Basudara meraih penghargaan sebagai Gaming Content Creator of the Year di ajang Dunia Games Awards 2021 yang diadakan pada 23-24 Desember 2021 dan dipersembahkan oleh Dunia Games dan Telkomsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya