Iklan Blackpink Dilarang KPI, Shopee Angkat Bicara

Blackpink di iklan Shopee. (Istimewa)
11 Desember 2018 21:22 WIB Newswire Entertainment Share :

Solopos.com, JAKARTA - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) akhirnya melarang penayangan iklan Shopee 12.12 Birthday Sale yang menampilkan girlband K-Pop Blackpink sebagai modelnya menyusul desakan masyarakat lewat petisi online. Menanggapi hal ini, pihak Shopee langsung bereaksi.

Menanggapi hal ini, Shopee pun mengeluarkan pernyataan resmi. Menurut perwakilan Shopee, kejadian ini adalah masukan yang amat berguna agar Shopee bisa lebih baik untuk kedepannya.

"Tentu saja kami mendengarkan adanya keluhan dari sebagian masyarakat terkait iklan kami yang sering diputar menjelang Shopee 12.12 Birthday Sale. Ini merupakan masukan yang amat berguna agar kami lebih baik ke depannya," kata Country Brand Manager Shopee Indonesia Rezki Yanuar dalam keterangan tertulis, sebagaimana dilansir Liputan6.com Selasa (11/12/2018).

"Namun, untuk diketahui, bahwa iklan tersebut telah mendapatkan izin dari Lembaga Sensor Film Indonesia. Kami juga ingin menekankan bahwa kami mengikuti semua regulasi yang ada dari setiap pemangku kepentingan yang ada di Indonesia," kata Rezki lagi.

"Tentu saja kami mendengarkan adanya keluhan dari sebagian masyarakat terkait iklan kami yang sering diputar menjelang Shopee 12.12 Birthday Sale. Ini merupakan masukan yang amat berguna agar kami lebih baik ke depannya," tutur perwakilan Shopee.

Shopee mengaku sudah merespons masukan dengan mengatur waktu penayangan iklan Blackpink tersebut. Selain itu, pihak Shopee sudah mengetahui soal surat peringatan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Dalam surat peringatan tersebut, KPI menganggap muatan demikian berpotensi melanggar Pasal 9 ayat (1) SPS KPI Tahun 2012 tentang kewajiban program siaran memperhatikan norma kesopanan dan kesusilaan yang dijunjung oleh keberagaman khalayak terkait budaya. KPI juga meminta 11 stasiun televisi menghentikan penayangan iklan "Shopee".

Soal surat peringatan tersebut, Shopee mengatakan iklan Blackpink itu sendiri sebenarnya sudah akan berganti hari ini.

"Sesuai dengan lini waktu yang sudah kami agendakan sebelumnya, penayangan iklan tersebut memang akan berganti dengan promo Shopee 12.12 Shopee Birthday Sale pada hari ini, Selasa (11 Desember 2018). Ini dikarenakan semakin dekatnya dengan puncak ulang tahun Shopee yang jatuh pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12 Desember," kata Rezki.

Iklan tersebut memang baru-baru ini diputar di televisi tanah air. Shopee memang sengaja memilih Blackpink sebagai ambassador karena popularitasnya yang melejit di Indonesia. Di samping itu, iklan ini juga dirilis untuk menyambut Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Shopee sendiri memang gencar membagikan hadiah dan diskon bagi para penggunanya, apalagi pada momen Harbolnas.

Menghadapi hal tersebut, pihak Shopee memilih berpikir positif. Dalam keterangannya, Shopee memilih untuk tetap fokus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dalam berbelanja online.