Aquaman Kuasai Box Office Akhir Tahun

Adegan di film Aquaman. (Istimewa)
28 Desember 2018 01:10 WIB Rayful Mudassir Entertainment Share :

Solopos.com, JAKARTA - Film Aquaman yang diperankan oleh Jason Momoa sebagai Raja Tujuh Laut masuk dalam jajaran box office dunia akhir tahun ini. Kisah petualangan yang digarap rumah produksi DC itu mendominasi seluruh film dengan pendapatan mencapai US$482,8 juta secara global.

Pencapaian ini merupakan awal yang baik. Selain film-film Star Wars, biasanya selama sebulan menjelang natal, selain dari film-film "Star Wars", pemutaran film cenderung memperoleh pendapatan lebih kecil akibat penonton tidak masuk kerja dan sekolah serta memasuki Natal dan Tahun Baru.

Aquaman dengan mudah mengalahkan sesama film pendatang baru yaitu Mary Poppins Returns dan Bumblebee. Kedua film terakhir sedang berlomba memperebutkan urutan kedua, meskipun perkiraan Minggu kemarin menunjukkan Mary Poppins Returns mulai mengalahkan Bumblebee.

Garapan rumah produksi Disney "Mary Poppins Returns" adalah pilihan de facto untuk penonton bioskop dengan kategori anak-anak dan remaja, mengantongi pendapatan US$22,2 juta selama tiga hari dan US$31 juta selama lima hari pertama rilis.

Film musikal biasanya tidak mendapat antusiasme besar pada akhir pekan pembukaan. Sementara itu, kisah lanjutan dari film Transformers garapan Paramount yaitu Bumblebee menduduki tempat ketiga dengan menghasilkan pendapatan $20,9 juta dari 3.550 layar. Meski cukup besar namun Bumblebee merupakan hasil terendah untuk Transformers.

Kendati begitu, film bergenre fiksi ilmiah yang disutradarai oleh Travis Knight ini telah menghasilkan beberapa ulasan positif dari waralaba dan memiliki waktu untuk membangun momentum di minggu-minggu mendatang.

Sementara itu, James Wan yang menyutradarai Aquaman telah mengumpulkan US$410 juta di luar negeri dengan total global US$482,8 juta. Kalangan laki-laki menyumbang 55% dari pemirsa AS, sementara 60% berusia di bawah 35 tahun.

Layar Imax menyumbang US$9,9 juta dari penjualan tiket domestik. Penggemar superhero jauh lebih mudah menerima Aquaman daripada judul DC sebelumnya. Aquaman menghabiskan biaya US$200 juta untuk produksi.

"Petualangan DC pertama yang berdiri sendiri sejak "Wonder Woman," yang dibuka pada 2017 dengan $ 103 juta," tulis laporan tersebut.