Roma dan The Favourite Terbanyak Masuk Nominasi Oscar 2019

Piala Oscar. (Reuters)
24 Januari 2019 06:10 WIB Iim Fathimah Timorria Entertainment Share :

Solopos.com, JAKARTA - Film produksi Netflix Roma dan film historis berlatar Kerajaan Inggris The Favorite dari Fox Searchlight menjadi dua film yang memperoleh nominasi Piala Oscar 2019 terbanyak dengan masing-masing 10 nominasi.

Diumumkan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) pada Selasa (22/1/2019) waktu California, Roma dan The Favourite akan bersaing dalam kategori film terbaik dengan sejumlah film box office seperti A Star is Born, Black Panther, Green Book, BlacKkKlansman, Vice, dan film musikal Bohemian Rhapsody.

Ini adalah kali pertama bagi film produksi Netflix Inc. masuk dalam nominasi film terbaik Oscar. Film memoar asal Meksiko yang disutradarai Alfonso Cuaron itu juga masuk dalam kategori film berbahasa asing terbaik, sutradara terbaik, aktris pemeran utama terbaik, skenario terbaik, dan beberapa nominasi penyuntingan lainnya.

Sementara itu, film The Favourite yang berlatar di Inggris pada abad ke-18 juga memperoleh sejumlah nominasi di kategori bergengsi. Seperti nominasi pemeran utama perempuan terbaik untuk Olivia Colman yang memerankan sosok Ratu Anne. Dua lawan main Colman dalam film itu, Emma Stone dan Rachel Weisz masuk dalam nominasi aktris pendukung terbaik.

Film A Star Is Born dan Vice menyusul di peringkat kedua. Masing-masing mengantongi 8 nominasi dalam ajang penghargaan film tertinggi yang akan diselenggarakan pada 24 Februari nanti. Dua pemeran utama A Star is Born, Bradley Cooper dan Lady Gaga, masing-masing masuk dalam kategori aktor dan aktris terbaik.

Gelaran Oscar tahun ini juga menjadi panggung unjuk gigi bagi film superhero Marvel Black Panther. Film karya sutradara Ryan Coogler itu memperoleh 7 nominasi dan menjadi film bertema pahlawan super pertama yang masuk kategori film terbaik dalam ajang Oscar.

Sumber : Reuters