Black Panther Jadi Film Superhero Pertama Masuk Nominasi Film Terbaik Oscar 2019

Black Panther. (Istimewa)
24 Januari 2019 00:10 WIB Denis Riantiza Meilanova Entertainment Share :

Solopos.com, JAKARTA - Film Black Panther berhasil menjadi film superhero pertama yang masuk dalam nominasi Oscar 2019 untuk kategori Best Picture atau Film Terbaik. Film produksi Marvel Studios itu mencetak sejarah baru karena menjadi film superhero pertama dalam sejarah Oscar yang masuk dalam kategori utama.

Pada Selasa (22/1/2019), Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) mengumumkan bahwa Black Panther masuk dalam tujuh nominasi Oscar tahun 2019. Selain Best Picture, enam kategori lainnya adalah Sound Editing, Sound Mixing, Production Design, Original Score, Original Song, dan Costume Design

Dalam kategori Best Picture, film yang disutradari oleh Ryan Coogler itu bersaing dengan BlacKkKlansman, Bohemian Rhapsody, The Favourite, Green Book, Roma, A Star is Born, dan Vice.

Dengan pendapatan domestik mencapai US$700 juta, Black Panther menjadi film terlaris ketiga tertinggi sepanjang masa. Secara global, Black Panther berhasil meraup pendapatan total sebesar US$1,3 miliar. Ini menjadikannya sebagai film dengan pendapatan tertinggi dalam nominasi Best Picture Oscar, setelah Avatar dan Titanic.

Sebelum Oscar, Black Panther telah mendapatkan pengakuan dalam sejumlah ajang penghargaan bergengsi lainnya, seperti SAG dan Golden Globes.

Adapun tahun lalu, film karya James Mangold 'Logan' juga menjadi film superhero pertama yang masuk nominasi Skenario Adaptasi Terbaik dalam Piala Oscar.

Sekarang dengan masuknya Black Panther dalam nominasi Best Picture Oscar, nampaknya stigma ajang Oscar yang memandang sebelah mata film superhero populer perlahan bergeser.

Beberapa tahun terakhir, Academy of Motion Picture Arts and Sciences lebih sering memfavoritkan film indie dengan jumlah penonton yang sedikit dan justru mengesampingkan film sukses secara komersial, seperti Wonder Woman.