Waduh Bioskop Solo Grand Mall Ditutup 2 Bulan

Ilustrasi masyarakat antre membeli tiket di Grand 21 Solo Grand Mall. - Dokumen/Solopos
01 Februari 2019 07:40 WIB Bayu Jatmiko Adi Entertainment Share :

Solopos.com, SOLO - Tuntutan yang pencinta film yang makin besar membuat manajemen bioskop Tanah Air harus meyesuaikan diri. Kiranya hal inilah yang menjadi alasan manajemen bioskop Grand 21 di Solo Grand Mall (SGM) bakal bertransformasi menjadi XXI. Untuk itu selama tiga bulan mulai Jumat (1/2/2019), Grand 21 akan ditutup.

Public Relation Staff SGM, Ni Wayan Ratrina, mengatakan Grand 21 dipersiapkan untuk upgrade menjadi XXI. Dalam dua bulan ke depan, bioskop di SGM akan diliburkan untuk keperluan penataan. "Kami berharap ketika pada April nanti kembali dibuka sebagai XXI, jumlah pengunjung mal semakin banyak," kata dia kepada Solopos.com, Kamis (31/1/2019).

Supervisor Grand 21 SGM, Sriyana, mengatakan 31 Januari 2019 adalah hari terakhir operasional bioskop Grand 21 di SGM. Mulai 1 Februari proses penataan bioskop dilaksanakan. Bioskop akan kembali dibuka pada April nanti dengan konsep XXI.

"Alasan upgrade. Memang ke depan semua 21 di Indonesia akan upgrade menjadi XXI. Hal itu dilakukan secara bertahap. Saat ini kami mendapat giliran. Untuk daerah lain, di Malang juga masih ada 21. Di Tangerang juga ada," kata dia saat ditemui wartawan di The Park Mall, Kamis.

Di Soloraya ada empat bioskop yang dikelola Cineplex 21 Group. Selain Grand 21 SGM juga ada XXI The Park Mall, XXI Solo Paragon Mall, dan XXI Solo Square. Secara umum jumlah kunjungan di empat bioskop tersebut cukup bagus. Bahkan dalam sehari bisa dikunjungi sekitar 1.000 orang-1.500 orang. "Terutama di SGM, rata-rata 1.000 pengunjung per hari. Peningkatan per tahun bisa 10% hingga 20%," terang dia.

Menurut Sriyana, jumlah kunjungan tersebut tidak jauh berbeda dengan daerah-daerah seperti Jogja. Pasar bioskop juga tidak terpengaruh dengan adanya kaset DVD di pasaran. Menurut pengamatannya, geliat bioskop sudah mulai terasa pada 2000 seiring pertumbuhan perfilman nasional