Iwan Fals Angkat Suara Soal RUU Permusikan

Iwan Fals. (Instagram/iwanfals)
06 Februari 2019 20:40 WIB Ginanjar Saputra Entertainment Share :

Solopos.com, SOLO — Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan yang dibuat Komisi X DPR menuai pro dan kontra dari sejumlah musisi. RUU itu bahkan mendapatkan penolakan dari sejumlah musisi yang tergabung dalam Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan.

Atas ramainya pro dan kontra terkait RUU Permusikan, musisi kawakan yang sudah lama malang melintang di dunia musik Indonesia, Iwan Fals, akhirnya angkat suara. Melalui akun Twitternya, @iwanfals, Senin (4/2/2019), Iwan Fals berharap masalah tersebut tak menimbulkan keributan yang belarut-larut.

"Soal RUU Permusikan rame ya. Dirembukin baek2lah, mumpung belum di”dok” jangan sampe jotos2an ye," tulis pria 57 tahun itu.

Iwan Fals berharap ada musisi yang mengerti hukum untuk memperjuangkan hak musisi agar tercipta keharmonisan masa depan musik Indonesia. "Pemusik tu perasa lo, malu tau, pemusik yang ngerti bahasa hukum ya berjuanglah habis2an, sampe ke harmoni yg sejati, krn ini menyangkut masa depan musik Indonesia," tandas musisi bernama lengkap Virgiawan Listanto tersebut.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan menentang RUU tersebut karena menganggap ada pasal-pasal bermasalah. Keberadaan pasal karet, ancaman marjinalisasi musisi independen, diskriminasi, serta pengaturan hal-hal yang tidak perlu menjadi masalah yang memicu sejumlah musisi menentang RUU Permusikan.