Ini Persiapan Yayang Caesar dan Alya Bintang di Final Duel Rising Star Indonesia

Kontestan Rising Star Indonesia 2019 Yayang Caesar Tinawa (Solo) dan Alya Nadifah Bintang Ramadhan (Boyolali) latihan menuju babak final duel kloter kedua, Senin (25/2/2019) mendatang.(Solopos - Ika Yuniati)
19 Februari 2019 23:10 WIB Ika Yuniati Entertainment Share :

Solopos.com, SOLO – Ajang pencarian bakat bidang tarik suara, Rising Star Indonesia 2019 telah memasuki babak final duel. Pentas yang menyisakan 26 kontestan tersebut dibagi dalam dua waktu yaitu kloter pertama, Senin (18/2/2019), dan kloter kedua, Senin (25/2/2019).

Tiga kontestan asal Soloraya, Yayang Caesar (Solo), Salma Faradhila (Klaten), dan Alya Nadifah Bintang Ramadhan (Boyolali) lolos babak terakhir sebelum masuk 12 besar. Mereka tampil di dua waktu berbeda yaitu Salma pada kloter pertama, sedangkan Yayang dan Alya pada kloter kedua.

Yayang dan Alya melakukan sejumlah persiapan sebelum masuk karantina. Saat ditemui di studio latihan Simax Hybrid Vocal, Laweyan, Solo, Senin (18/2/2019), keduanya mengaku rajin latihan sejak beberapa waktu lalu. Selain itu, mereka juga mulai menjaga pola makan agar tak mengganggu stamina dan suara. “Tetep latihan, jaga stamina. Hindari makan gorengan yang banyak minyak, enggak minum es,” kata Alya yang juga diamini Yayang.

Soal materi lagu dan lawan duel, sampai hari ini mereka belum diberi bocoran. Yang pasti masing-masing sudah mengusulkan 10 materi tembang yang ingin dinyanyikan serta empat pilihan kostum untuk manggung dan keperluan lainnya. “Ada sepuluh yang sudah disetorkan. Lima lagu barat, lima lagu Indonesia. Belum tau besok nyanyi apa dan duel dengan siapa. Nanti diberitahu pas di Jakarta,” terang dia.

Mengaku deg-degan, Alya optimistis bisa memberikan yang terbaik di malam final duel pekan depan. Pikiran positif tersebut selalu ia tanamkan dalam dirinya setiap kali ikut kontes menyanyi. Termasuk saat dirinya ikut ajang serupa sebelum-sebelumnya. “Harus selalu optimistis. Karena kalau mikirnya buruk terus ya nanti bakal kejadian jelek beneran. Jadi selalu berusaha positif,” kata dia.

Meski sudah beberapa kali tampil di panggung Rising Star, Yayang mengaku setiap sesi punya tantangan masing-masing. Misalnya saat pentas live audition 6 beberapa pekan lalu, ia mendapat giliran terakhir. Sempat khawatir staminanya menurun, nomor urut bontot ternyata membawa hoki. Perempuan berhijab ini mendapat nilai voting cukup tinggi yaitu 93 poin. Begitu juga dengan penampilan lain yang penuh kejutan dan sangat berkesan untuk Yayang.

Alya dan Yayang kompak mengatakan biasanya paling deg-degan beberapa jam sebelum tampil. Tensi mereka tiba-tiba meninggi menuju detik-detik pentas dimulai. Begitu mulai nada pertama, perasaan khawatir mendadak hilang. Keduanya fokus pada penampilan demi memberikan suguhan terbaik. “Iya, justru deg-degan pas di belakang panggung sampai detik-detik sebelum mulai. Grogi banget. Setelah itu ya yang dipikirkan bagaimana memberikan yang terbaik,” kata dia.

Masyarakat Soloraya bisa memberikan dukungan kepada keduanya dengan vote ‘Yes’ saat mereka pentas pada Senin (25/2/2019). Caranya, terlebih dulu unggah aplikasi Risingstar kemudian masuk melalui akun Facebook atau gmail, mulai check in, dan klik 'Yes' ketika Yayang atau Alya tampil.