Dyrga Dadali Kesal Irwan Sumenep Cover Lagunya Tanpa Izin

Dyrga Dadali (Instagram/dyrganp_dadali)
20 Februari 2019 02:00 WIB Chelin Indra Sushmita Entertainment Share :

Solopos.com, SOLO – Vokalis grup musik Dadali, Octa Dyrga Nalaprana, menjadi perhatian warganet akibat komentarnya kepada pedangdut Irwan Krisdiyanto alias Irwan Sumenep. Dia mengungkapkan kepada Irwan Sumenep yang dinilai meniru gaya bernyanyinya.

Komentar tersebut dilontarkan Dyrga sesuai Irwan Sumenep mendendangkan lagu Dadali, Di Saat Aku Mencintaimu, secara live di salah satu stasiun televisi. Dia menyebut Irwan Sumenep tidak punya ciri khas karena menirukan gaya bernyanyinya.

Meski Irwan Sumenep sudah minta maaf, Dyrga Dadali masih sakit hati. Dia mengunggah video saat Irwan Sumenep menyanyikan lagu Di Saat Aku Tersakiti dengan aplikasi Bigo.

"Ada baiknya @da2_irwan_sumenep mem-present terlebih dahulu jika niat meng-cover lagu Dadali minimum membuat tag judulnya. Sebab, Irwan itu seorang publik figur. Sebenarnya sudah banyak pelanggaran yang dibuat. Akan tetapi saya masih berbaik hati dan saya di sini hanya mengingatkan saja bahwa pelanggaran hak intelektual dan hak cipta itu bisa berbagai macam jenisnya," terang Dyrga Dadali, melalui akun Instagram-nya, @dyrganp_dadali, Selasa (19/2/2019).

Dyrga Dadali sadar kemiripa suara antar-penyanyi adalah hal yang lumrah. Namun, lain halnya jika si penyanyi sengaja memproduksi suaranya demi mirip orang tertentu. "Saya sudah jelaskan, di dunia ini ada tujuh orang yang mempunyai kesamaan, wajah, sifat, suara. Yang bilang suara saya mirip Kang Ariel, itu kebetulan saja. Dan suara saya tidak dibuat-buat dan memang begitu adanya. Lain hal jalau dibuat-buat, pastinya akan terlihat," sambung Dyrga Dadali.

Kritikan Dyrga Dadali kepada Irwan Sumenep menuai respons negatif warganet. Mereka menuding Dyrga Dadali sengaja melakukan hal tersebut demi mendongkrak popularitas. "Dulu aku ngefans sama kamu. Dengan kejadian ini, aku berhenti menyukai lagu-lagu kamu," komentar @andhar_tanjung.

"Auto-ngehapus semua lagu Dadali dari HP. Buat semuanya, enggak usah koleksi lagu dia. Buang saja, enggak usah beli CD atau lainnya. Antisipasi sajalah. Vokalis tukang nyinyir," imbuh @siskauswah.

"Kasihan teman-teman band lu bang. Japri juga bisa ya tanpa post di-sebarin gini. Sama aja lu provokasi netizen. Heran deh. Ada-ada aja yang kritik. Seandainya lu dikritik pun bakalan lebih heboh dari ini pastikan ya. Raja Dangdut aja cuek di-tiruin. Nah lu ngegasnya ga ketolong. Jadi, kalau enggak pansos apa dong?" tanya @fitaalviana.