Desainer Asal Karanganyar Ini Jadi Langganan Gadis-Gadis Cantik

Desainer asal Karanganyar, Yanuar Pribadi (kiri) bersama finalis Puteri Indonesia DKI Jakarta 2, Agatha Aurelia di sela-sela fitting baju tradisional khas Jakarta di kediaman kerabatnya daerah Banjarsari, Solo, belum lama ini.(Solopos - Ika Yuniati)
18 Maret 2019 05:00 WIB Ika Yuniati Entertainment Share :

Solopos.com, SOLO -- Desainer asal Karanganyar, Yanuar Pribadi, kembali dipercaya menggarap busana tradisional untuk finalis kontes kecantikan. Dia diminta membuat busana daerah untuk Finalis Puteri Indonesia DKI Jakarta 2, Agatha Aurelia. Sebelum ini, tangan dinginnya pernah membawa Puteri Indonesia 2012, Maria Selena, masuk 10 Best National Costume dalam ajang Miss Universe.

Kostum bertema budaya Betawi yang didominasi warna merah maroon tersebut dicoba oleh Agatha untuk kali pertama di kediaman saudaranya daerah Banjarsari, Solo, belum lama ini. Yanuar mengatakan busana tersebut mengusung tema Tari Topeng khas Betawi. Keindahan kostum Tari Topeng ia garap ulang menjadi rancangan yang terlihat lebih semarak dan mewah.

Yanuar menggunakan kain jaguar sebagai bahan utama. Ditambahi beberapa bahan lain seperti batik Jakarta, renda-renda, serta beberapa aksesoris menyolok yang mirip dengan ornamen ondel-ondel. Untuk menunjukkan kemewahan, beberapa bagian seperti mahkota ditempeli permata imitasi. Busana yang bakal dikenakan pada sesi pakaian tradisional tersebut juga dilengkapi dengan ukiran dan topeng khas Ibukota.

Ini merupakan pertemuan pertama Yanuar dengan Agatha. Sebelumnya mereka berdiskusi via telepon atau media sosial. “Biasanya komunikasi hanya via telepon. Ya aku membuat sesuai dengan konsep yang disampaikan Agatha. Sembari riset tentang Tari Topeng Jakarta itu seperti apa,” kata dia.

Agatha mengatakan kostum sesuai dengan harapannya. Menunjukkan sisi keindahan tari topeng Ibukota. Tema tersebut dipilih karena sangat dekat dengan Agatha yang kebetulan saat ini sedang concern belajar tari tradisi. Sementara, untuk pilihan desainer ia sengaja menggandeng Yanuar karena memiliki track record yang cukup bagus.