Begini Awal Mula Viral Bocah Ngapak di Youtube

20 Maret 2019 03:45 WIB Jafar Sodiq Assegaf Entertainment Share :

Solopos.com, SOLO - Trio bocah asal Kebumen, Azkal, Fadly, dan Ilham menjadi fenomena di media sosial lewat sketsa komedi Bocah Ngapa(k) Ya. Sketsa ini sebelumnya viral lewat video di akun Polapike.

Dalam satu video Bocah Ngapak terdiri dari beberapa cerita yang bertema komedi. Ceritanya yang ringan membuat penonton lebih mudah mencerna alur yang disajikan.

Uniknya, Ilham, Fadly, dan Azkal menggunakan bahasa Jawa Ngapak saat berlakon. Bahasa Jawa Ngapak adalah Bahasa Jawa yang digunakan oleh masyarakat Jawa di pesisir utara seperti Banyumas, Kebumen, hingga Tegal.

Selain tokoh Ilham, Fadly, dan Azkal, ada juga tokoh Pak RT yang diperankan oleh Rendra. Bukan hanya berperan sebagai pemain, Rendra Polapike juga terlibat dalam pembuatan film pendek Bocah Ngapak.

Rendra Polapike, otak dibalik serial film itu menjelaskan tidak ada pemilihan khusus soal bocah yang dilibatkan. Mereka merupakan bocah yang tinggal di sekitar rumah Rendra di Sadangwetan, Kecamatan Sadang, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Namun di antara banyak bocah, Rendra yang merupakan anggota grup lawak Arti Sebuah Nama dan juga jebolan kompetisi lawak Indonesia menjadikan tiga diantaranya yang paling sering ia ajak tampil. Mereka adalah Azkal, Fadly dan Ilham.

Sebelum mengajak Ilham dkk bermain di Bocah Ngapak, Rendra sempat membuat film pendek dengan pemain yang berbeda tapi tetap bertema komedi dengan bahasa Jawa Ngapak.

Setelah cukup viral di akun Youtube Polapike, sketsa komedi Bocah Ngapak pertama kali diunggah di Youtube pada akhir tahun 2018. Meski belum lama diunggah, Bocah Ngapak langsung sukses mendulang ketenaran.

Kini, Bocah Ngapak disiarkan di stasiun televisi swasta Trans7 dengan pemain yang sama, yakni Fadly, Ilham, dan Azkal.