Kehidupan Buya Hamka Difilmkan

Laudya Cynthia Bella dan Vino G Bastian dalam konfrensi pers film Buya Hamka. (Instagram/falconpictures_)
26 Maret 2019 23:40 WIB Chelin Indra Sushmita Entertainment Share :

Solopos.com, SOLO – Kisah perjalanan kehidupan Abdul Malik Karim Amrullah atau yang lebih dikenal dengan nama Buya Hamka difilmkan. Rumah produksi Starvision Plus dan Falcon Pictures bekerja sama menggarap proyek besar ini.

Film tentang Buya Hamka digagas oleh mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin. Produser Starvision Plus, Chad Parwez, langsung menerima tawaran yang datang pada 2014 itu. Ini merupakan film Indonesia pertama yang bekerja sama dengan MUI.

Film tentang tokoh asli Sumatra Barat itu melibatkan sederet artis papan atas Tanah Air. Sosok Buya Hamka sebagai tokoh utama diperankan oleh Vino G Bastian. Suami Marsha Timoty itu dipilih karena karakter suaranya mirip dengan Buya Hamka.

“Pertama kali dipilih, saya dites suara. Mereka memilih saya karena suaranya katanya sama, serak-serak tipis gitu,” terang Vino G Bastian seperti dikabarkan Suara.com, Selasa (26/3/2019).

Vino G Bastian yang mengaku mendapat peran itu sejak 2017 lalu mengaku telah menjalani serangkaian proses casting. “Proses casting-nya bukan cuma ketemu terus dapat. Tapi, ada tes lagi. Saya pernah dites baca Alquran,” katanya seperti dikabarkan Okezone.

Aktor berusia 37 tahun itu juga dituntut lancar berbicara bahasa Arab. Meski mengaku kesulitan, Vino G Bastian belajar dengan tekun demi memerankan sosok Buya Hamka dengan totalitas.

“Belajar bahasa Arab-nya rutin selama dua bulan. Sepekan beberapa kali kita bertemu dengan guru. Kebetulan MUI juga mengajarkan. Beberapa teman di sini juga ada yang bisa. Ternyata, bahasa Arab juga susah,” tuturnya.

Pada film terbaru ini, Vino G Bastian bakal beradu akting dengan Laudya Cynthia Bella yang berperan sebagai istri Buya Hamka, Siti Raham. Selain itu, ada sederet bintang lainnya yang meramaikan film tersebut. Mulai dari Ayudia Bing Slamet, Desy Ratnasari, Donny Damara, hingga Ben Kasyafani.

Film Buya Hamka mulai diproduksi pada 1 April 2019. Adapun lokasi syuting yang dipilih di antaranya, Sumatra Barat, Semarang, Tegal, Jakarta, dan Sukabumi. Film biopik ini diproyeksikan tayang pada 2020 mendatang.