K-Pop: Sudah Mendunia, Kenapa BTS Tidak Rilis Lagu Berbahasa Inggris?

BTS (Metro)
30 Maret 2019 19:40 WIB Septina Arifiani Entertainment Share :

Solopos.com, SOLO – Bangtan Boys (BTS) sudah menjelma menjadi boy band dunia. Tiket konser mereka selalu ludes terjual di berbagai negara di Asia, Amerika, bahkan Eropa. Lantas mengapa kelompok beranggotakan tujuh personel itu tidak merilis lagu berbahasa Inggris?

BTS hingga kini masih menggunakan bahasa Korea di semua lagu. Mereka hanya menyisipkan beberapa kata bahasa Inggris. Sang leader, RM, kepada Entertainment Weekly membeberkan alasannya.

RM membandingkan lagu-lagu BTS dengan Despacito, lagu berbahasa Spanyol yang sukses menduduki tangga lagu Billboard nomor 1 selama 16 pekan.

“Saya tidak ingin membandingkan, tetapi saya pikir itu lebih sulit sebagai grup asal Asia. Hot 100 dan nominasi Grammy adalah tujuan kami. Tapi itu hanya keinginan, kami tidak ingin mengubah identitas kami atau keaslian kami untuk mendapatkan nomor satu,” katanya, sebagaimana dilansir Allkpop, Sabtu (30/3/2019).

RM menyebut jika BTS menyanyikan lagu berbahasa Inggris akan mengubah identitas mereka. Jika karena hal itu menghalangi lagu mereka berada di posisi puncak, mereka pun tak mempermasalahkan.

“Seperti jika kami bernyanyi dalam bahasa Inggris seutuhnya, dan mengubah hal-hal lain, maka itu bukan BTS. Kami akan melakukan segalanya, kami akan mencoba. Tetapi jika kami tidak bisa nomor satu atau nomor lima, itu tidak apa-apa,” lanjut RM.

DJ ternama Amerika Serikat Steve Aoki pun berkomentar terkait hal ini. "Aku pikir lagu yang dinyanyikan dalam bahasa Korea dapat memecahkan top Hot 100. Aku sangat percaya itu, dan aku sangat yakin BTS dapat menjadi kelompok yang dapat melakukan itu. Ini akan membuka jalan bagi banyak kelompok lain,” kata Steve.