Resmi Cerai, Janda Bos Amazon Kuasai Saham Senilai Rp504,8 Triliun

CEO Amazon Jeff Bezos dan Mackenzie Bezos berfoto dalam Vanity Fair Oscar Party di Beverly Hills, California, AS, Minggu (4/3 - 2018). (Reuters/Danny Moloshok)
07 April 2019 08:10 WIB Iim Fathimah Timorria Entertainment Share :

Solopos.com, NEW YORK - MacKenzie Bezos, mantan istri bos Amazon Jeff Bezos mengumumkan melalui akun Twitter-nya bahwa ia dan Jeff telah menyelesaikan perjanjian cerai mereka. Berdasarkan kesepakatan itu, MacKenzie berhak menguasai saham Amazon senilai US$35,6 miliar atau senilai Rp504,8 triliun dengan asumsi nilai tukar rupiah sebesar Rp14.180 per dolar.

Perjanjian cerai yang disepakati keduanya juga memutuskan bahwa 75 persen saham bersama mereka di Amazon akan berada di bawah kendali Jeff. Selain menyerahkan mayoritas saham bersama mereka kepada Jeff, MacKenzie juga menyerahkan seluruh hak suaranya atas saham tersebut.

Melalui kicauannya, MacKenzie mengaku "senang" memberikan 75 persen saham itu kepada mantan suaminya beserta kontrol suara. Ia juga menyebutkan penyerahan seluruh kepentingannya di The Washington Post dan perusahaan kedirgantaraan Blue Origin.

"Saya senang bisa memberinya semua pendapatan saya di Washington Post dan Blue Origin, dan 75 persen saham Amazon kami," kata MacKenzie Bezos dalam cuitan yang diunggah Jumat (5/4/2019).

Meski hanya mendapatkan 25 persen dari saham bersama tersebut, MacKenzie tetap bergelimang harta. Sisa sahamnya di Amazon senilai US$36 miliar, melampaui nilai pasar 70 persen komponen yang terdaftar di indeks S&P 500, termasuk di antaranya perusahaan seperti eBay, Allstate Corp dan Twitter Inc.

Kesepakatan perceraian itu pun akan membuat MacKenzie menjadi wanita terkaya keempat di dunia. Menurut Bloomberg, ia berada di belakang Francoise Bettencourt Meyers, Alice Walton dan Jacqueline Mars.

Berdasarkan dokumen dengan Komisi Sekuritas dan Bursa yang dilansir CNBC, MacKenzie Bezos akan mempertahankan saham yang mewakili sekitar 4 persen dari saham biasa Amazon. Besaran itu membuatnya menjadi pemegang saham terbesar ketiga di perusahaan, di belakang mantan suaminya dan Vanguard.

Jeff Bezos sendiri tetap menjadi orang terkaya di dunia mesi telah kehilangan sebagian sahamnya di Amazon. Bersama dengan mantan istrinya, total kekayaan Jeff mencapai US$143 miliar.

Dalam pernyataan terpisah, Jeff Bezos berbagi rasa terima kasihnya kepada sang mantan istri. "Saya berterima kasih atas dukungannya dan atas kebaikannya dalam proses ini dan saya sangat menantikan hubungan baru kami sebagai teman dan orang tua," kata Bezos.

Pengumuman itu menghilangkan beberapa kekhawatiran investor soal masa depan kontrol suara di Amazon pada hari-hari setelah pasangan itu mengumumkan rencana mereka untuk bercerai. Perceraian Jeff dan MacKenzie mewakili situasi yang unik karena keduanya bersama sebelum Amazon dibangun dan sebelum mereka memiliki uang dalam jumlah yang sangat besar. Di lain pihak kebanyakan pendiri perusahaan dan CEO bercerai dengan pasangan mereka setelah memperoleh kekayaan.

Sumber : CNBC