K-Pop: BTS Kejar Rekor The Beatles di Billboard Lewat Album Persona

Personel BTS (Soompi)
23 April 2019 19:53 WIB Chelin Indra Sushmita Entertainment Share :

Solopos.com, SEOUL Boy band Korean popular (K-Pop) Bangtan Boys (BTS) tengah menjadi pusat perhatian. Grup vokal ini mendapat perhatian lebih berkat sederet prestasi yang diperoleh di kancah internasional. Bahkan, BTS disejajarkan dengan grup musik legendaris, The Beatles.

Sejumlah pengamat musik di dunia Barat membandingkan popularitas BTS dengan The Beatles. Bahkan, ada yang menjuluki BTS sebagai The Beatles abad 21. Namun, julukan itu sama sekali tak membuat The Beatles tinggi hati. Mereka justru sering merasa malu dengan julukan yang dianggap berlebihan itu.

Terkadang kami merasa malu ada yang menyebut BTS sebagai The beatles abad 21 atau semacamnya,” terang leader BTS, RM, seperti dikutip dari Entertainment Weekly, Selasa (23/4/2019).

Popularitas BTS kian melejit seusai merilis album terbaru bertajuk Map of The Soul: Persona. Album tersebut menempati posisi pertama Billboard 200. Ini merupakan kali ketiga BTS menduduki posisi pertama di Billboard 200 dalam kurun waktu setahun terakhir.

Dikutip dari Billboard, Selasa (23/4/2019), album BTS bertajuk Love Yourself: Tear menempati posisi puncak Billboard 200 pada Juni 2018. Disusul Love Yourself: Answer pada September 2018. Selanjutnya giliran album terbarunya, Map of the Soul: Persona yang menempati posisi serupa.

Prestasi BTS sama dengan yang diraih The Beatles pada 1995-1996. Album Anthology 1, Anthology 2, dan Anthology 3 milik grup musik Inggris itu memuncaki Billboard 200 dalam kurun waktu 11 bulan. Itulah sebabnya BTS disebut berhasil menyamai rekor The Beatles. Selain itu, BTS menjadi musisi Korea Selatan pertama yang meraih posisi tersebut.

Berdasarkan data Nielsen Music, album Map of the Soul: Persona terjual sekitar 230.000 kopi selama sepekan. Angka tersebut menjadi penjualan album terbanyak untuk boy band di Korea Selatan. Tak sampai di situ saja, BTS juga mematahkan rekor yang diraih 2018 lalu lewat lagu Fake Love. Lagu tersebut sempat menduduki posisi 10 Billboard Hot 100. BTS juga menjadi artis Korea kedua yang berhasil masuk jajaran top 10 tangga lagu Billboard Hot 100.

Sebelumnya, prestasi itu diraih oleh Psy dengan Gangnam Style. Gangnam Style menempati posisi kedua tangga lagu Billboard Hot 100 pada 2012. Selanjutnya, Psy kembali masuk tangga lagu Billboard 100 berkat Gentleman yang bertengger di posisi kelima pada 2013.