Anggota Paduan Suara Vocalista Angels Klaten Wajib Makan Kencur dan Garam

Grup paduan suara Vocalista Angels tampil 6th Vietnam International Choir Competition yang digelar di Hoi An, Vietnam, Rabu-Minggu (15-19/5/2019).(Istimewa - Manajer Vocalista Angels)
21 Mei 2019 03:00 WIB Taufik Sidik Prakoso Entertainment Share :

Solopos.com, KLATEN – Prestasi kembali diraih grup paduan suara, Vocalista Angels. Tampil di 6th Vietnam International Choir Competition, Vocalista Angels menyabet juara untuk kategori Children Choir dan juara II pada kategori Folklore. Selain itu, Vocalista Angels mendapatkan penghargaan tertinggi pada ajang tersebut dengan meraih Grandprize Winner.

Medali yang diraih di Vietnam menambah koleksi medali Vocalista Angels selama mengikuti kompetisi paduan suara internasional. “Ini menjadi prestasi internasional ketujuh bagi Vocalista Angels,” kata Manajer Vocalista Angels, C.A. Tersierra Rosaa, kepada Solopos.com, Minggu (19/5/2019).

Kompetisi paduan suara di Vietnam digelar di Hoi An, Vietnam, Rabu-Minggu (15-19/5/2019). Peserta terdiri dari 30 grup paduan suara yang berasal dari 18 negara. Pada ajang tersebut, Vocalista Angels tampil dengan 31 penyanyi terdiri dari 10 penyanyi sopran, 10 penyanyi mesosopran, dan 11 penyanyi alto. Usia mereka bervariasi dari usia SD hingga SMA.

Wanita yang akrab disapa Thea tersebut mengatakan disiplin dan semangat pantang menyerah menjadi kunci untuk meraih prestasi tersebut. Selain itu, ramuan tradisional menjadi salah satu kunci Vocalista Angels bisa tampil apik pada berbagai ajang paduan suara.

Para penyanyi Vocalista Angels tak pernah meninggalkan ramuan tradisional sebelum tampil. Mereka mengonsumsi kencur sebelum naik panggung termasuk saat mengikuti kompetisi di Vietnam. Cara itu dimaksudkan untuk menjaga kualitas suara mereka. “Kencur dikunyah dengan sedikit garam. Ini ramuan tradisional yang paling baik dan tidak digunakan paduan suara dari negara lain,” jelas dia.

Pelatih Vocalista Angels, Yason Christy Pranowo, mengatakan persiapan Vocalista Angels mengikuti ajang di Vietnam terhitung mepet. Latihan khusus untuk mengikuti kompetisi itu efektif digelar tiga bulan sejak Februari 2019. Porsi latihan terus meningkat mendekati keberangkatan ke Vietnam dari sepekan sekali, tiga pekan sekali, hingga setiap hari. Saat memasuki hari libur, latihan bisa berlangsung selama 13 jam dalam sehari.

Selain ketatnya latihan, para penyanyi juga dilarang mengonsumsi makanan berminyak, bersantan, minuman dingin, dan cokelat. Jenis makanan yang boleh dikonsumsi mereka seperti makanan yang dimasak dengan dikukus serta sayuran. “Kalau mengonsumsi makanan yang dilarang dikhawatikan pita suaranya menyusut dan tipis,” katanya.