Trailer Bumi Manusia Dirilis

Annelies Melema dan Minke di film Bumi Manusia (Instagram/falconpictures_)
04 Juli 2019 20:10 WIB Chelin Indra Sushmita Entertainment Share :

Solopos.com, SOLO – “Annelies Melema,” kata gadis bergaun putih dengan rambut cokelat terurai di awal video trailer film terbaru Bumi Manusia. Video trailer yang dirilis di Youtube, Kamis (4/7/2019) dibuka dengan adegan perkenalan Annelies Melema, seorang gadis keturunan Belanda-Indonesia, dan Minke, putra pribumi.

Film Indonesia garapan Hanung Bramantyo yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer itu menceritakan kisah cinta Annelies Melema dengan Minke. Cinta yang bersemi di hati Minke untuk Annelies membuatnya mengalami pergulatan batin tak berkesudahan.

Minke adalah seorang pribumi. Sementara Annelies Melema adalah gadis keturunan Belanda-Indonesia, anak seorang Nyai. Ayah Minke yang baru menjabat sebagai bupati tidak setuju anaknya bergaul dengan keluarga Nyai. Sebab, kala itu posisi Nyai dianggap rendah, sama dengan binatang peliharaan. Tetapi Nyai Ontosoroh, ibunda Annelies Melema, berbeda.

Minke amat mengagumi pemikiran dan perjuangan Nyai Ontosoroh melawan keangkuhan hegemoni Belanda. Bagi Minke, Nyai Ontosoroh adalah cerminan modernisasi yang kala itu sedang dimulai. Nyai Ontosoroh juga yang memacu semangat Minke melawan hukum Belanda yang merenggut Annelies dari sisinya.

Film terbaru Bumi Manusia yang dibintangi Iqbaal Ramadhan rencananya dirilis bersamaan dengan film dari novel Pramoedya Ananta Toer lainnya, Perburuan, yakni 15 Agustus 2019. Bumi Manusia merupakan novel pertama dari Tetralogi Buru. Buku ini ditulis saat Pram diasingkan ke Pulau Buru bersama ribuan tahanan politik akibat dicap sebagai komunis.

Bumi Manusia berkisah tentang Minke, seorang pribumi yang getol memperjuangkan jasib kaumnya lewat tulisan. Bagi Minke, tulisan membuat suaranya tidak akan padam ditelan angin.