2 Film Karya Sineas Solo Siap Tayang di Bioskop Tahun Ini

Potongan adegan film Bocah Angon garapan sutradara asal Solo, R. Jiwo Kusumo. (Istimewa/Kalachakra Media Sinema)
02 Agustus 2019 15:20 WIB Ika Yuniati Entertainment Share :

Solopos.com, SOLO -- Dua film garapan sutradara asal Solo R. Jiwo Kusumo berjudul Bocah Angon dan Kangen Ayah Rindu Ibu siap meramaikan bioskop Tanah Air tahun ini. Production house Kalachakra Media Sinema telah merilis trailer dan poster kedua film itu di bioskop kawasan Bekasi, beberapa waktu lalu.

Film pertama yang diprioritaskan tayang adalah Bocah Angon, menyusul Kangen Ayah Rindu Ibu. Jiwo saat diwawancarai beberapa waktu lalu mengatakan kedua film itu memang digarap dalam waktu berdekatan yaitu medio 2018.

“Penggarapannya kita syuting Kangen Ayah Rindu Ibu terlebih dahulu lalu Bocah Angon. Hal ini sengaja dilakukan biar lebih hangat,” kata dia.

Mengusung latar budaya Jawa, kedua film tersebut mengedepankan soal budi pekerti dan jiwa kepemimpinan Jawa. Bocah Angon terinspirasi dari naskah Ronggowarsito, khususnya soal ramalan kepemimpinan masa depan.

Dia menjelaskan semua materi murni terinspirasi dari teks sang pujangga keraton. Beberapa di antaranya bahkan dimasukkan sebagai kutipan dialog pemain.

Mengusung pendekatan tragedi, cerita film ini diawali dari penyakit aneh yang diderita warga kampung lereng Lawu. Hanya Bocah Angon yang mampu menyembuhkannya. Ia merupakan anak yatim piatu penurut yang setiap hari angon atau menggembala sapi.

Bocah Angon ini sebagai bentuk fisik dari tujuh satrio piningitnya yang dia [Ronggowarsito] sebutkan. Bocah Angon itu juga saya ambil dari tembang Sunan Kalijaga [tembang Lir Ilir],” kata Jiwo.

Setting film berada di perdesaan asri kawasan lereng Lawu era 96-an. Lokasi pengambilan gambar sepenuhnya di daerah dekat Gunung Lawu, sisanya sekitar 10% di Kota Solo. Jiwo melibatkan warga sekitar Solo sebagai pemain film. Selain itu, dia melibatkan beberapa bintang Ibu Kota seperti Donny Alamsyah, Teuku Rifnu Wikana, Emil Kusumo, dan Agatha Chelsea.

Sementara Kangen Ayah Rindu Ibu merupakan drama keluarga yang banyak membahas tentang kesadaran budi pekerti anak, falsafah, dan tata krama sopan santun. Film ini dibintangi oleh Verdi Solaiman, Fatma Suri, Emil Kusumo, Maxis MB, dan Kimmy Satria.

“Film Indonesia belakangan ini kurang mengedepankan pendidikan dan karakter anak yang mengajarkan tentang akhlak atau budi pekerti yang baik dan jiwa kepemimpinan pada jiwa seseorang. Insya Allah kedua film akan tayang tahun ini. Kita ingin film ini memiliki impact pengaruh yang positif. Karena prinsip kami film itu bukan hanya sebagai tontonan tapi juga tuntunan,” terangnya saat ditanya alasan mengusung tema anak dalam dua judul tersebut.