Song Kang Ho Aktor Pertama Asia Terima Penghargaan di Locarno International Film Festival

Song Kang Ho pamer trofi di Locarno International Film Festival (Soompi)
14 Agustus 2019 07:10 WIB Chelin Indra Sushmita Entertainment Share :

Solopos.com, LOCARNO – Aktor senior Korea Selatan, Song Kang Ho, 52, meraih Excellence Award di Locarno International Film Festival 2019 yang diadakan di Piazza Grande, Swiss, Senin (12/8/2019). Dia adalah aktor pertama dari Asia yang menerima penghargaan itu.

Pada 2019 ini, Song Kang Ho berhasil mencetak sejarah. Betapa tidak? Dia menjadi aktor Asia pertama yang mendapat Excellence Award di Locarno International Film Festival.

Terima kasih. Saya merasa sangat bahagia dan terhormat menerima [penghargaan] tertinggi di Locarno yang bersejarah,” kata Song Kang Ho saat menerima trofi di Locarno International Film Festival seperti dilansir Soompi, Selasa (13/8/2019).

Sebagai informasi, Locarno International Film Festival diadakan pada Agustus setiap tahun sejak 1946. Ada beberapa penghargaan yang diberikan di ajang Locarno International Film Festival, yakni Competitive Awards, Special Awards, dan Piazza Grande Awards. Nah, Excellence Award yang diterima Song Kang Ho merupakan bagian dari Special Awards. Penghargaan ini diberikan untuk tokoh yang telah mendedikasikan usaha dan talentanya dalam mengembangkan industri film.

Song Kang Ho sangat bahagia bisa bertandang sekaligus menerima penghargaan tempat yang bersejarah seperti Locarno, Swiss. Dia senang dapat hadir di tempat aktor dunia berkumpul menyaksikan ajang bergengsi itu dihelat.

“Saya sungguh dibuat gemetar karena Locarno adalah tempat aktor terbaik dunia yang sangat saya hormati berada,” ungkap Song Kang Ho.

Song Kang Ho berharap Locarno International Film Festival dapat memacu semangat para insan perfilman untuk terus berkarya. Dia ingin Locarno International Film Festival tidak hanya menghibur, tapi juga memberi semangat untuk artis yang telah bekerja keras di dunia hiburan.

Saya berharap momen spesial ini akan menghibur, meyakinkan, dan menyentuh banyak artis di dunia yang sangat antusias dan telah mengalami pasang surut di jalan [dunia hiburan] ini,” kata Song Kang Ho.

Locarno International Film Festival 2019 turut dihadiri Bong Joon Ho yang memproduksi beberapa film terkenal, seperti Memories of Murder, The Host, Snowpiecer, dan Parasite. Dalam kesempatan tersebut, Song Kang Ho menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Bong Joon Ho yang cukup berjasa dalam kariernya.

Aku mempersembahkan penghargaan ini kepada Bong Joon Ho. Dia adalah sutradara sekaligus sahabat saya yang hebat,” sambung Song Kang Ho.

Sebagai produser, Bong Joon Ho merasa bangga bisa bekerja sama dengan Song Kang Ho. Dia sangat senang Song Kang Ho berhasil menyabet penghargaan di ajang Locarno Film Festival 2019.

Saya tidak akan mampu menyelesaikan empat film, jika bukan untuk Song Kang Ho. Saya sangat bersyukur bisa mengenalnya. Selamat atas penghargaan ini,” tutur Bang Joon Hoo.

Selama ini, Song Kang Ho sering mendapatkan penghargaan atas aktingnya yang mumpuni. Dia pernah menyabet penghargaan best actor di Blue Dragon Film Awards dan The Seoul Awards lewat film A Taxi Driver. Dia juga meraih predikat yang sama berkat aktingnya di film The Attorney, The Age of Shadows, dan The Face Reader. (Atina Firdausa Qisthi/Solopos.com)