Whani Darmawan, Pemeran Darsam yang Sangar di Film Bumi Manusia

Darsam dan Minke di film Bumi Manusia (Youtube)
19 Agustus 2019 19:20 WIB Chelin Indra Sushmita Entertainment Share :

Solopos.com, SOLO – Tokoh Darsam memegang peranan penting di film terbaru Bumi Manusia. Darsam merupakan seorang kusir sekaligus pelayan paling setia yang bekerja untuk Nyai Ontosoroh. Dia diceritakan sebagai pria Madura yang gagah dan sangar. Lantas, siapakah pemeran Darsam tersebut?

Rupanya, tokoh Darsam di film terbaru Bumi Manusia diperankan oleh aktor kawakan, Whani Darmawan. Pada film tersebut, dia didandani dengan kumis tebal dan pakaian serba hitam yang membuatnya terkesan sangar.

Suara Whani Darmawan sebagai Darsam terdengar sangat keras dan berat. Logat Madura yang cukup kental membuatnya semakin berwibawa sebagai Darsam. Tak ketinggalan, Whani Darmawan selalu menyelipkan celurit di punggung untuk menguatkan kesan sangar Darsam.

Dikutip dari Wikipedia, Senin (16/8/2019), pria kelahiran Kota Jogja, 24 Mei 1966, merupakan salah satu tokoh penting di dunia teater Indonesia. Dia telah bekerja sama dengan sejumlah seniman ternama seperti Butet Kartaredjasa, Emha Ainun Nadjib, Riri Reza, hingga Mira Lesmana.

Sebelumnya, dia pernah ambil bagian dalam film Indonesia Pendekar Tongkat Emas dan Drupadi.

Pengalaman bermain teater membuat Whani Darmawan mampu memerankan karakter Darsam di film terbaru Bumi Manusia dengan sangat baik. Watak tokoh Darsam yang temperamental namun setia dan berjiwa bersih mampu ditampilkan dengan baik oleh Whani Darmawan.

Akting Whani Darmawan di film terbaru Bumi Manusia cukup menonjol. Sebagai kusir dan pelayan, dia memegang peranan penting lantaran sangat ditakuti oleh anak dan suami Nyai Ontosoroh. Dia menunjukkan bakti dan kesetiaan kepada Nyai Ontosoroh hingga titik darah terakhir.

Darsam menjadi orang terdepan yang melindungi keluarga Nyai Ontosoroh dari berbagai gangguan. Namun, akhirnya dia tewas saat mengadang pasukan Belanda yang ingin menjemput Annelies Mellema di akhir kisah film Bumi Manusia.