SOLOPOS.COM - Ressa Herlambang. (Instagram @ressaherlambang)

Solopos.com, SOLO-Lagu ciptaannya  berjudul Kau yang Memilih Aku meledak, ternyata Ressa Herlambang belum terima royalti dan hanya dibayar Rp5 juta oleh Syahrini. Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

Sebagaimana diketahui penyanyi RnB yang dijuluki sebagai Justin Timberlake-nya Indonesia itu sedang jadi sorotan warganet lantaran kisah kehidupan keluarganya yang tiba-tiba bangkrut dalam sekejap. Peristiwa yang terjadi pada 2010 itu membuat pelantun Jomblo itu pun menarik diri dari dunia hiburan yang membesarkan namanya.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Bukan hanya membeberkan kisah pilu yang dialami keluarganya, Ressa Herlambang juga mengungkapkan kehidupan dan perjalanan kariernya di dunia hiburan.  Hal itu terungkap dalam obrolan di kanal Youtube Ferdy Element beberapa waktu lalu.

Fakta lain yang terungkap yaitu saat lagu ciptaannya meledak, Ressa Herlambang yang menciptakan lagu Kau yang Memilih Aku cuma dapat Rp5 juta dari Syahrini sebagai pelantun tembang tersebut dan belum terima royalti atas lagu itu.  “Awal aku bikin lagu dari Sumantri, buat Syahrini. Lagu yang, ‘Kau yang telah memilih aku, kau juga yang sakiti aku.’ Itu lagunya meledak,” kata Ressa Herlambang dikutip dari kanal Youtube Ferdy Element pada Kamis (8/2/2023).

Lagu Kau yang Memilih Aku dirilis pada 2012, setelah Syahrini pecah kongsi dengan Anang Hermansyah. Lagu yang seakan menyinggung cerita Syahrini dengan Anang itu cukup populer saat itu. Bahkan menjadi salah satu lagu yang paling banyak diunduh sebagai RBT.

Meski lagu tersebut cukup sukses, Ressa Herlambang sama sekali tak mendapat royalti.  Ressa sendiri mengaku tak mengerti tentang royalti.

“Aku enggak tahu ya [soal royalti]. Sebabnya aku enggak mengerti bagaimana soal itu dan segala macamnya. Tapi aku menerima, tapi bagaimana ya ngomongnya,” kata Ressa Herlambang, seakan sulit menjelaskan.

Ferdy Tahier terkejut Ressa Herlambang tak mendapat royalti dan tak mengerti soal royalti itu sendiri. Apalagi, vokalis band Element itu mengakui kalau lagu ciptaan Ressa Herlambang sangat sukses saat itu. “Waktu itu top downloadloh, RBT,” ujar Ferdy Tahier.

Ferdy Tahier kemudian bertanya berapa uang yang ia dapat dari lagu tersebut. Ressa Herlambang mengaku cuma dapat Rp5 juta.

“Waktu itu sih dibayar Rp 5 juta,”  bebernya.

Ferdy Tahier kemudian menjelaskan ke Ressa Herlambang kalau uang Rp5 juta itu hanya uang muka untuk lagu yang dibuat Ressa. Setelahnya Ressa seharusnya mendapat royalti dari tiap penjualan lagu tersebut.

“Rp5 juta itu biasanya cuma kayak down payment, uang di depan, karena lu ngambilnya duit dari royalti. Nah royaltinya kan gede,” ucap Ferdy Taheir.

“Tahunya gede dari mana?” tanya Ressa masih belum mengerti.

“Ya kan top download sudah pasti, terus YouTube-nya. Lagu lu sendiri kan? Ya ibaratnya M-M-an lah [miliar],” kata Ferdy Tahier.

“Enggak lah. Hundred-hundred aja [ratusan juta] enggak,” jawab Ressa Herlambang.

Ferdy Tahier pun memberi saran kepada Ressa Herlambang untuk mengurus royalti lagu tersebut dan lagu-lagu lainnya.  “Elo harus urus itu. Banyak duit loh di luar sebenarnya yang harus lo tagih, itu hak lo soalnya,” tutur Ferdy Tahier.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya